Sukses

Amanah Pimpin BUMN, Masyarakat Beri Dukungan Erick Thohir Jadi Wapres RI

Dia menilai rekam jejak bersih Erick Thohir semakin membuatnya menjadi pilihan utama masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir terus mendapat dorongan kuat ikut bertarung sebagai figur calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024. Kepemimpinan sukses Erick Thohir menakhodai BUMN buat tingkat keterpilihannya semakin menguat.

Direktur Eksekutif Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah Putra mengatakan, kans besar dimiliki Erick Thohir untuk maju cawapres pada Pilpres mendatang. Hal itu jika dilihat dari besarnya animo masyarakat terhadap sosok Ketua Umum PSSI ini.

Kegemilangan memimpin Kementerian BUMN, kata dia, nampak membawa dampak positif besar terhadap Erick Thohir. Kondisi demikian, l tentu semakin meningkatkan kepercayaan kepada eks Presiden Inter Milan ini maju sebagai cawapres.

"ini memicu nama baik Erick Thohir dipercaya dan membuat peluang masuk bursa Cawapres meningkat," ujar Dedi saat dihubungi di Jakarta.

Dia menilai rekam jejak bersih Erick Thohir semakin membuatnya menjadi pilihan utama masyarakat. Apalagi Erick Thohir menjadi tokoh publik yang terbilang tidak memiliki rekam jejak resistensi tinggi.

Terlebih latar belakang Erick Thohir sebagai profesional menjadikan nilai tambah tersendiri di mata masyarakat. Karena itu Erick Thohir tentu tidak membawa kepentingan dari partai politik (parpol) manapun.

"(Erick Thohir) tidak miliki kedekatan pada isu atau skandal sensitif, juga tidak dianggap kelompok politisi," jelas Dedi.

Karena berdasarkan temuan survei yang dilakukan IPO pada periode 1-7 Maret 2023. Erick Thohir berhasil menembus jajaran teratas sebagai cawapres dengan angka elektabilitas sebesar 9,5 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Pegang Kunci Pilpres 2024

Langkah Partai Amanat Nasional (PAN) mengusung Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) dinilai tepat. Erick Thohir memiliki peran besar untuk menyukseskan PAN pada Pilpres 2024.

Peneliti Politik Populi Center, Rafif Pamenang Imawan mengatakan, Erick Thohir menjadi sosok yang paling potensial diusung PAN sebagai cawapres. kedekatan Erick Thohir dengan para elite PAN semakin membuatnya terwujud.

“Erick Thohir menjadi kunci penting karena bagaimanapun juga Erick Thohir punya kemampuan mengelola kepentingan elite politik besar,” kata Rafif.

Menurut dia, Erick Thohir memiliki keunggulan besar dari sisi kedekatan dengan petinggi partai politik (parpol) termasuk PAN. Dia menilai karakteristik Erick Thohir mudah diterima sehingga dapat membangun komunikasi secara efektif.

Kondisi demikian, lanjut dia, telah berhasil dengan apik dijalankan Erick Thohir. Hal itu tentu kian menambah bobot keunggulan Erick Thohir dalam penilaian positif masyarakat di Tanah Air.

“Bagaimanapun juga kepemimpinan militer yang hirarkis itu akan berbeda dengan kepemimpinan politik yang harus kompromistis dan bisa mengelola konflik dan kepentingan dengan baik,” terang Rafif.

Lebih dari itu, tambah dia, kemampuan Erick Thohir membangun komunikasi dengan elite parpo mendapat banyak respons positif. Sehingga semakin membuat Erick Thohir begitu disenangi banyak kalangan termasuk PAN.

“Saya rasa itu poin pentingnya dari Erick Thohir dan upaya penting itulah yang menjadi pertimbangan utama PAN (usung Erick Thohir),” pungkasnya.by Taboola

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.