Sukses

Ma'ruf Amin Ingatkan Pemilu 2024 Jangan Sampai Terjadi Polarisasi

Masyarakat berpotensi terpolarisasi akibat panasnya tensi politik. Sebab itu, diperlukan penyatuan langkah agar pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang tidak menimbulkan ketegangan dan potensi konflik di masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menghadiri acara Dialog Kebangsaan bersama Partai Politik dalam rangka Persiapan Pemilu 2024. Dalam kesempatan itu, dia mengingatkan bahwa momen pelaksanaan pemilu merupakan waktu di mana persatuan bangsa diuji.

Masyarakat berpotensi terpolarisasi akibat panasnya tensi politik. Sebab itu, diperlukan penyatuan langkah agar pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang tidak menimbulkan ketegangan dan potensi konflik di masyarakat.

“Tentunya kita tidak ingin mengulangi pengalaman buruk pemilu yang lalu. Kita mesti bulatkan tekad dan satukan langkah agar Pemilu 2024 menjadi pemilu yang aman, damai dan berkualitas,” tutur Ma’ruf di Jakarta, Senin (13/3/2023).

Ma’ruf menyampaikan, salah satu contoh polarisasi yang terjadi pada pemilu sebelumnya yakni sebagian pendukung saling menjatuhkan dengan isu politik identitas, dibandingkan semangat adu gagasan mengenai konsep berbangsa serta program untuk mengatasi tantangan strategis di tingkat lokal dan global.

“Kondisi tersebut sungguh memprihatinkan dan menjadi ujian yang mengancam bangsa kita. Pemilu seolah menjadi kontraproduktif karena berpotensi memecah-belah bangsa. Hal ini sangat bertentangan dengan cita-cita negara dan demokrasi,” jelas dia.

Ma’ruf pun mengimbau agar Dialog Kebangsaan yang dilakukan bersama dengan BNPT ini dapat menjadi sarana dalam menyatukan langkah untuk mendukung terwujudnya Pemilu yang aman dan damai.

“Dialog kebangsaan ini kita laksanakan untuk mengantisipasi ujian tersebut agar jangan sampai terulang,” katanya.

“Strategi pemenangan pemilu wajib mengedepankan persatuan nasional meskipun peserta pemilu tengah bersaing untuk menang. Pancasila kita genggam sebagai kunci dalam menghadapi Pemilu 2024. Kampanye pemilu tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila, misalnya menggunakan isu SARA,” Ma’ruf menandaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mars Pemilu Berkumandang, Masyarakat Diajak Sambut Pemilihan Umum

Berbagai kelompok warga di Jakarta, Semarang, Brebes dan Jombang menggelar acara pawai budaya dan pentas seni guna mempopulerkan kembali lagu Mars Pemilu ciptaan Mochtar Embut.

Lagu yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1971 silam itu dinilai lebih sederhana namun mengandung makna yang dalam, sehingga lebih efektif untuk menyosialisasikan kegiatan Pemilu kepada masyarakat.

Di Jakarta, pawai diikuti sekitar 50 orang dengan titik kumpul di patung kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat. Massa terdiri atas Kumpulan Marawis dari Kelurahan Sumur Batu, Kumpulan Angklung asal Penas (Cawang) dan Kumpulan Bunda Jakarta Utara. Apa pula empat ogoh-ogoh yang ikut menyemarakkan acara yang bertepatan dengan car free day di hari Minggu (12/3/2023) tersebut.

”Kami berangkat pagi-pagi dari rumah, karena bertugas menyebarkan selebaran teks lagu Pemilu dan mengajak warga bernyanyi bersama,” ujar Maryam, pegiat Kumpulan Bunda Jakarta Utara.

Para peserta pawai melakukan arak-arakan di sekitar Bundaran Hotel Indonesia dan berakhir di sebelah Stasiun Kereta Api Sudirman. Iring-iringan itu menyanyikan lagu Mars Pemilu dengan diselingi Sholawat Nabi dan beberapa lagu tradisional. Di samping menganbil foto atau video pawai, para pengunjung car free day juga antusias mengambil selebaran teks lagu Mars Pemilu serta ikut bernyanyi bersama.

Maryam menyampaikan bahwa kegiatan tersebut ditujukan untuk mengingatkan publik bahwa waktu pelaksanaan Pemilu 2024 kian dekat. Karena itu, segenap warga diminta memastikan tidak kehilangan hak pilihnya, sehingga dapat terlibat dalam upaya perbaikan kehidupan Indonesia secara demokratis.

”Para peserta merasa bahwa lagu Mars Pemilu 1971 lebih gampang diingat sehingga menjadi pengingat datangnya Pemilu, dibandingkan lagu-lagu Pemilu lain yang muncul belakangan. Anak-anak muda yang sebelumnya hanya kenal samar-samar pun bisa cepat hafal,” ungkapnya.

Sementara itu, di Semarang, Brebes dan Jombang, kegiatan serupa dilakukan dengan menyanyikan Mars Pemilu bersama dengan diringi alat musik seadanya. Meskipun demikian, ketertarikan warga untuk ikut terlibat menyanyikan lagu terlihat cukup antusias.

Selain bernyanyi bersama, acara yang digelar di jantung kota Semarang, Simpang Lima, juga diselingi perbincangan antara kelompok pemrakarsa acara dengan anak-anak muda yang berjalan-jalan di sekitar lokasi car free day. Umumnya, para pegiat menanyakan hingga sejauh mana pengetahuan kelompok milenial itu tentang Pemilu 2024.

3 dari 3 halaman

Pilihlah Wakil yang Dapat Dipercaya

”Saya sebelumnya tidak kapan persisnya hari dan bulan penyelenggaraan Pemilu. Dengan adanya kegiatan ini, saya jadi tahu coblosan nanti itu di hari Rabu. Syair lagu Mars Pemilu mulai melekat di kepala saya, pilihlah wakilmu yang dapat dipercaya,” ujar Putri, pengunjung dari Kampung Hutaman, Semarang.

Kegiatan ngamen Mars Pemilu yang diselenggakan di area car free day di Jl. Wahid Hasyim, Jombang, Jawa Timur bahkan turut mengundang perhatian pejabat Bawaslu setempat. Meskipun tidak tidak mengijinkan namanya disebut oleh media, pejabat tersebut menyatakan apresiasi yang tinggi pada kelompok masyarakat yang berinisiatif membuat kegiatan untuk menyosialisasikan Pemilu 2024.

”Ini inspirasi bagi kami, bahwa kegiatan sosialisasi Pemilu perlu harus dilaksanakan secara asyik dan menyenangkan,” ungkapnya.

Beberapa warga yang hadir juga tampak bersemangat menyanyikan lagu Mars Pemilu. Agus (51), staf Dinas Peternakan Jombang, mengatakan bahwa lagu ciptaan Mochtar Embut itu berhasil membangun suasana kebersamaan dan kegembiraan.

”Pemilu seharusnya memang menjadi kegiatan riang gembira, tanpa kekuatiran apalagi ketakutan,” tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.

    Ma'ruf Amin

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024