Sukses

Prabowo dan Cak Imin Segera Bertemu, Bahas Capres dan Cawapres

Dasco mengingatkan dalam kontrak politik antara Gerindra dan PKB, soal calon presiden dan calon wakil presiden akan diputuskan bersama.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) akan segera melakukan pertemuan sebelum bulan Ramadan. Tujuannya untuk membahas penentuan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung di Pemilu 2024.

"Dalam waktu dekat memang kita dengan teman-teman PKB merencanakan akan mengadakan pertemuan antara kedua ketua umum untuk membicarakan hal yang mungkin perlu dibicarakan dan diputuskan demikian," ujar Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (27/2/2023).

Dasco mengingatkan, dalam kontrak politik antara Gerindra dan PKB, soal capres dan cawapres, akan diputuskan bersama. Maka itu Prabowo Subianto dan Cak Imin akan segera bertemu.

"Itu kan nanti tergantung mereka berdua karena Pak Prabowo dan Pak Muhaimin tentunya paham bahwa kontrak yang mereka tandatangani mensyaratkan bahwa keputusan tentang capres dan cawapres itu ada pada mereka berdua," ujar wakil ketua DPR RI ini.

Selain itu, waktu deklarasi juga tergantung bagaimana keputusan Prabowo dan Cak Imin. Gerindra tidak masalah kapanpun deklarasi calon presiden dan calon wakil presiden.

"Kesepakatan atau kontrak politik antara PKB dan Gerindra bahwa calon presiden, calon wakil presiden, itu ditentukan oleh Pak Prabowo dan Pak Muhaimin Iskandar. Apakah itu mau sebelum lebaran, sesudah lebaran, atau kapan, itu terserah apa kemudian mereka berdua yang memutuskan," ujar Dasco.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gerindra Akan Ajak Partai Lain Mendukung Prabowo, Bentuk Koalisi di Pemilu 2024

DPD Partai Gerindra Riau menggelar acara jalan sehat dan pesta rakyat dalam rangka memperingati HUT ke-15 Partai Gerindra di Kota Pekanbaru, Riau, Minggu (26/2/2023).

Acara imi juga dimeriahkan dengan pembagian doorprize 6 paket umroh, 1 unit mobil, 10 unit motor, sepeda gunung, dan barang-barang elektronik lainnya.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Ketua DPD Gerindra Riau M Rahul, Anggota DPR Edy Tanjung, dan Ketua DPP Gerindra yang juga penyanyi legendaris, Jamal Mirdad.

Dalam sambutannya, Muzani menyampaikan salam hormat dari Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto untuk masyarakat Riau.

Pada kesempatan ini, Muzani juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Riau karena telah memberi kepercayaan kepada Prabowo pada Pilpres 2019 lalu sehingga pasangan Prabowo dan Sandiaga menang di provinsi Riau.

Dia juga berharap Pemilu 2024, Prabowo kembali mendapatkan dukungan sebagai capres.

"Karena itu kami kami menyampaikan terimakasih atas dukungan dan kepercayaan masyarakat Riau pada 2019 lalu, sehingga pasangan 02 Prabowo Sandi bisa menang di sini. Dan pada 2024 nanti, kami minta saudara-saudara semua kembali mendukung Pak Prabowo sebagai calon presiden. Insyaallah kita semua akan lebih baik," kata dia.

Oleh karena itu, Muzani juga berharap partai-partai yang ada di Senayan maupun partai baru untuk mendukung Prabowo. Muzani bahkan mengajak partai-partai yang sudah mendeklarasikan dukungannya kepada capres tertentu untuk mendukung Prabowo di Pilpres 2024.

"Gerindra akan mengajak partai-partai yang sudah atau belum menentukan capresnya untuk bersama-sama kita bergabung bersama dalam koalisi mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden. Begitu pun yang sudah mendeklaraiskan capresnya, kita tetap akan ajak untuk bersama-sama mendukung Prabowo," jelas dia.

3 dari 3 halaman

Didukung Relawan Joman, Prabowo: Saya Tersanjung dan Merasa Lebih Muda

Ketua Umum Jokowi Mania (Joman) Emmanuel Ebenezer, menyampaikan dukungan kelompoknya terhadap Prabowo Subianto untuk maju sebagai calon presiden 2023. Hal itu dibuktikan, dengan mengenakan baju bertuliskan Prabowo Mania 08 atau yang disingkatnya PM 08.

"Saya mendapat kejutan dari Emanuel Ebenezer yang membuka baju, isinya bertuliskan Prabowo Mania 08!," seru Prabowo saat ditanya awak media di Rumah Kertanegara Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Prabowo juga mengaku, dirinya merasa aman tersanjung dan dihormati atas dukungan Emmanuel dan kelompoknya. Bahkan, Prabowo menegaskan dukungan tersebut telah membuatnya merasa 23 tahun lebih muda dari usianya yang sekarang telah memasuki angka 71 tahun.

"Saya merasa dihormati, jiwa saya merasa tersanjung dan dengan dukungan ini saya mendapat energi lebih muda 23 tahun," canda sang Menteri Pertahanan ini.

Prabowo mengaku enggan berpanjang lebar, intinya dirinya mengucapkan rasa terimaksinya atas dukungan yang diberikan oleh Emmanuel dan kelompok Prabowo Mania 08.

"Saya tidak panjang lebar, intinya adalah terima kasih, ini sebuah kehormatan! Inilah demokrasi," pungkas Prabowo.

Sebagai ketua umum Jokowi Mania, Emmanuel Ebenezer memastikan dukungannya kali ini mematenkan nama kelompoknya menjadi Prabowo Mania 08. Selanjutnya, Emmanuel akan melakukan sosialisasi dan konsolidasi tentang visi misi Prabowo untuk Pemilu Presiden 2024.

"Dukungan ini tidak tiba-tiba kita sudah rapatkan di internal selama lima bulan dan sepakat untuk mendukung Prabowo di 2024. Selanjutnya kita akan konsolidasi untuk mendukung Pak Prabowo," kata Emmanuel.

 

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.