Sukses

Alpine A290, Renault 5 yang Menjelma Jadi Hot Hatch Listrik

Dengan menggubah Renault 5 untuk dijadikan hot hatch, A290 adalah mobil listrik perdana Alpine yang mencerminkan kemolekan mobil sport di luar dan dalam kokpit.

Liputan6.com, Paris - Alpine, anak perusahaan produsen mobil Prancis Renault, menggarap versi terbaru hatchback all-new Renault 5 untuk dirombak. Itu adalah kali kedua Alpine melakukannya setelah tahun 1970.

Sekarang semuanya sudah terpasang dan interpretasi ulang tersebut mengalihaknnya menjadi hot hatch berpenggerak listrik dengan moniker all-new Alpine A290.

"Alpine A290 kami adalah model pertama dari generasi listrik baru, yang meresmikan Garasi Impian kami dengan cara terbaik," ucap Philippe Krief, CEO Alpine lewat keterangan resminya.

Dengan menggubah Renault 5 untuk dijadikan lebih sporty, A290 adalah mobil listrik perdana jenama tersebut yang turut membuka gerbang untuk rencana koleksi jajaran listrik lainnya di kemudian hari.

A290 adalah mobil reli bergaya dengan lampu depan dengan huruf X tertanam, bemper yang lebih agresif, pelek 19 inci, dan spoiler duck tail tersembunyi.

"Mobil sport perkotaan ini menandai diperkenalkannya Alpine ke masyarakat yang lebih luas dan menghidupkan kembali kategori yang terlupakan, hot hatch, yang sangat dicintai oleh berkat kenikmatan berkendara yang diberikannya," imbuh Krief.

Dua versi tenaga akan tersedia untuk dipesan. Namun, apapun pilihannya, A290 adalah penggerak roda depan. Varian GT dan GT Premium hadir dengan mesin berdaya 174 tenaga kuda dan torsi 280 Nm, sedangkan GT Performance dan GTS mendapatkan unit penggerak 214 tenaga kuda dan torsi 300 Nm.

Alpine varian teratas dapat menyelesaikan sprint dari 0-100 km/jam dalam 6,4 detik sembari dapat dikebut hingga 170 km/jam di atas aspal.

Sementara baterai 52 kWh yang menyokong motor listriknya mampu menawarkan daya jelajah maksimum di kisaran 380 km berdasar hasil pengetesan WLTP.

Alpine A290 juga dilengkapi subframe motor aluminium serta pengaturan suspensi dengan penahan benturan hidrolik untuk meningkatkan kenyamanan dan kelincahan hot hatchback ini. Rem Brembo juga akan diambil langsung dari A110 untuk dipasangkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Interior Sporty Alpine A290

Masuk ke dalam kabinnya, mobil listrik yang penuh semangat ini memiliki roda kemudi palang tiga berlapis kulit Nappa bergaya sport yang dirancang khusus dengan dua fitur menonjol.

Setir itu mengakomodir tombol pengaktif fungsi Overtake, yang memberikan peningkatan tenaga instan selama 10 detik, sedangkan kenop Recharge dapat digunakan untuk memilih beberapa pengaturan rem regeneratif.

Kursinya yang akan memuat 5 penumpang dilapisi bahan ramah lingkungan campuran serat rami dan plastik daur ulang. 

Konsol tengah di antara dua kursinya akan dilengkapi kontrol transmisi RND, sementara di bawah kaki akan ada pedal sport dan pijakan kaki.

Dua suara mesin sintetis dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dari layar sentuh pusat 10,1 inci untuk menambah kenikmatan berkendara dengan hot hatch performa sembari mengendarai mobil listrik.

Mobil ini akan dijual di Eropa sebelum akhir tahun, dan pelanggan perlu menyisihkan antara 35 ribu-40 ribu Euro (Rp 530 juta-760 jutaan) untuk menyimpan unitnya di garasi.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini