Sukses

Mobil Listrik Hidrogen Toyota Crown Unjuk Diri di Jepang, Begini Penampakannya

Baru-baru ini pun, Toyota Motor Corporation telah mengembangkan mobil listrik bermesin hidrogen pertama mereka. Mobil yang mereka pilih untuk menjadi varian FCEV pertama mereka adalah Toyota Crown.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin saat ini mobil bertenaga listrik bukanlah hal yang baru di telinga masyarakat. Namun, selain electric vehicle (EV) berbasis baterai ternyata juga ada mobil listrik bertenaga hidrogen yang dikenal sebagai fuel cell electric vehicle (FCEV).

Baru-baru ini pun, Toyota Motor Corporation telah mengembangkan mobil listrik hidrogen pertama mereka. Mobil yang mereka pilih untuk menjadi varian FCEV pertama mereka adalah Toyota Crown.

Dikutip dari Carscoops.com, Selasa (30/5/2023), mobil tersebut dipamerkan pada ajang balap Super Taikyu Fuji 24 Hours. Namun, kehadirannya bukan untuk dipakai balapan, melainkan hanya sekadar dipamerkan saja.

Rencananya, peluncuran Toyota Crown bertenaga hidrogen ini telah dijadwalkan saat musim gugur Jepang, tepatnya pada September-November 2023. Sebenarnya, mobil pabrikan Jepang tersebut sudah pernah tampil di Shanghai Auto Show pada April 2023 lalu.

Namun, unit yang ditampilkan di gelaran tersebut masih dalam bentuk prototipe statis, sehingga dapat dibilang Toyota Crown FCEV ini tampil perdana di Fuji Speedway. Sejumlah YouTuber Jepang yang ada di lokasi pun sempat memberi bocoran tampilan mobil hidrogen tersebut dari luar dan dalam luar dalam.

Di bagian depan, terdapat intake bumper bawah yang besar, detail krom, dan lampu depan LED bergaya hammerhead. Di bagian samping kita melihat velg 20 inci, permukaan minimalis, badge FCEV di spakbor depan, dan garis atap yang landai ke arah belakang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memperluas Pasar Toyota Crown

Untuk bagian dalam, kabinnya mengusung sentuhan mewah dengan panel kayu yang menghiasi dashboard, konsol tengah, jok kulit, serta handle pada sandaran kursi. Sementara, fitur-fitur digital terlihat mirip dengan keluarga Crown lainnya, menggunakan dua layar 12,3 inci dan banyak tombol-tombol fungsional di setir. 

Sayangnya, detail spesifikasi dari Crown FCEV tersebut masih belum terungkap. Namun, kemungkinan besar spesifikasi mesinnya tidak jauh berbeda dengan Mirai generasi kedua.

Peluncuran mobil listrik bertenaga hidrogen ini kemungkinan besar dilakukan untuk memperluas pasar Toyota Crown. Pada Juli 2022, Toyota sudah memperkenalkan generasi terbaru dari Crown yang akan mengisi empat segmen, yakni sedan, sport, estate, dan crossover. 

Dalam hal ini, Toyota berharap dengan banyaknya model Crown yang diluncurkan, juga akan membuat konsumen semakin banyak Sehingga, Toyota dapat melakukan ekspansi yang lebih masif dengan memasarkannya ke 40 negara di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini