Sukses

Bersaing di Asia Oceania, Teknisi Honda Indonesia Siap Bongkar Pasang 2 Motor Ini

PT Astra Honda Motor (AHM) menurunkan enam teknisi terbaiknya, dari bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di ajang Honda Asia & Oceania Motorcycle Technician Skill Contest 2023. Turun di dua kategori, yaitu commuter atau reguler dan juga fun atau big bike, para teknisi ini sudah mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari.

Liputan6.com, Bangkok - PT Astra Honda Motor (AHM) menurunkan enam teknisi terbaiknya, dari bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di ajang Honda Asia & Oceania Motorcycle Technician Skill Contest 2023. Turun di dua kategori, yaitu commuter atau reguler dan juga fun atau big bike, para teknisi ini sudah mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari.

Para teknisi dari Indonesia ini, terdiri dari Adi Yanto dan Masngudin asal Bandung, Adri Tya Mandela asal Jakarta, Agung Prasetyo asal Semarang, Ahmad Nur Samsurianto asal Surabaya serta Agus Darmawan asal Aceh.

Dijelaskan salah satu peserta, Masngudin, untuk di kategori commuter 1, motor yang akan digunakan adalah Vario 160, dan di Thailand dikenal dengan nama Click 160.

"Secara tampilan dan fitur tidak jauh berbeda dari Indonesia. jadi, tadi juga sudah sempat lihat-lihat dan bongkar unitnya, semoga tidak ada kendala," ujar teknisi asal Bandung ini di Bangkok, Thailand, Senin (22/5/2023).

Sementara itu, menurut Adri Tya Mandela, untuk di kelas big bike sendiri menggunakan Honda CB650R yang di Indonesia, dikenal sebagai CB650 Neo.

"Kalau di big bike sih perbedaannya hanya dua poin. Pertama bagian lampu sein itu dia memakai tipe Eropa, yang langsung standby saat motor dinyalakan. Kalau di Indonesia kan mati, karena regulasinya seperti itu. Lalu ada keep up atau penyaring emisi dari tangki dibalikan lagi ke ruang bakar," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Honda Asia & Oceania Motorcycle Technician Skill Contest 2023

Sebagai informasi, Honda Asia & Oceania Motorcycle Technician Skill Contest 2023 menguji para teknisi dengan materi uji yang lengkap, berupa uji teori dan praktek studi kasus sepeda motor Honda. Uji teori meliputi pengetahuan mesin, rangka, kelistrikan, dan teknologi terbaru sepeda motor Honda.

Uji praktek meliputi perawatan, analisa teknis dan trouble shooting sepeda motor Honda.

Sebelum melangkah ke ajang bergengsi ini, keenam teknisi Honda tersebut harus melewati tahapan seleksi yang melibatkan sekitar 15 ribu teknisi dan service advisor terbaik se-Indonesia di Astra Motor Jawa Tengah, 19-20 Agustus 2019 dan di AHM Safety Riding and Training Center (AHM SRTC), Jawa Barat pada 2 Maret 2023.

Setelah terpilih, mereka harus melewati tahapan pelatihan sebagai bekal menghadapi kontes teknisi Honda terbesar se-Asia-Oceania yang dilakukan di AHM SRTC Jawa Barat, MPM Learning Centre Jawa Timur dan DAM Learning Center Jawa Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.