Sukses

BYD Seagull, Mobil Listrik Mungil di Bawah Rp 135 Jutaan

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai pasar otomotif terbesar di dunia, China menjadi tempat banyak pabrikan mobil menghadirkan model baru, termasuk kendaraan listrik. Namun, yang cukup paling menyita perhatian dalam beberapa tahun belakangan adalah kehadiran BYD Seagull.

Disitat InsideEVS, Rabu (25/1/2023), model ini merupakan kendaraan terkecil dan terbaru dalam seri Ocean BYD yang juga mencakup sedan eksekutif kompak Seal, dan MPV Dolphin.

Meskipun belum diumumkan secara resmi, desain BYD Seagull telah terungkap di laman Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi (MIIT) China, sebagai bagian dari proses homologasi sebagai syarat mobil baru yang akan diluncurkan di negara tersebut.

BYD Seagull adalah hatchback kecil lima pintu, yang menjembatani jarak antara city car dan segmen subkompak. Mobil ini memiliki dimensi panjang 3.780 mm, lebar 1.715 mm, tinggi 1.540 mm, dan jarak sumbu roda 2.500 mm.

Menurut laman resmi MIIT, disitat oleh Carnewschina, Seagull ditenagai oleh baterai LFP yang dibuat oleh FinDreams, anak perusahaan BYD. Kapasitas tidak diketahui, namun laporan lokal sebelumnya berspekulasi model ini akan mencapai 30,7 kWh.

Baterai menggerakan motor listrik (dengan nama kode TZ180XSH) dengan tenaga 55 kilowatt atau setara dengan 74 tk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Eksterior dan interior

Dari segi eksterior, BYD Seagull terlihat agak mirip dengan Dolphin dengan sorotan termasuk lampu depan yang tajam, tersedia dengan LED, kaca depan besar yang dilengkapi wiper tunggal, desain atap mengambang, dan bilah lampu LED belakang yang mengingatkan dengan minivan BYD D1, dan spoiler atap yang sporty.

Namun, foto interior belum dipublikasikan, dan dari spy shot yang beredar pada Agustus 2022 lalu mengungkapkan dasbor terinspirasi dari BYD Dolphin, dengan layar sentuh, panel instrumen digital yang lebih kecil di belakang kemudi, dan bantalan telepon.

BYD Seagull diperkirakan akan segera masuk produksi dan dijual di China pada April 2023. Harga dilapurkan berkisar mulai dari US$ 8.850 atau setara dengan Rp 132 jutaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • BYD

  • BYD Seagull

  • Hatchback