Sukses

Manjakan Pencinta Otomotif, Lexus Kembangkan Transmisi Manual untuk Mobil Listrik

Liputan6.com, Jakarta - Lexus terus berusaha untuk kendaraan listrik bisa diterima masyarakat yang lebih luas. Bahkan, pabrikan mobil mewah milik Toyota ini, tengah mengembangkan transmisi manual untuk roda empat ramah lingkungan masa depan.

Chief Engineer Lexus Electrified, Takashi Watanabe mengatakan, ide awal pengembangan transmisi manual untuk kendaraan listrik dimulai dari diskusi para insinyur Lexus tentang apa yang disukai dari kendaraan internal combustion engine (ICE).

Memang, ketika berbagai mobil listrik hadir, hanya dilengkapi dengan transmisi otomatis. Sehingga, bagi petrol head alias penggemar otomotif, dirasa kurang seru ketika harus mengendarai mobil listrik.

Meskipun, girbox manual sendiri dianggap berlebihan untuk kurva torsi datar dari motor penggerak di mobil listrik. Namun, Lexus terus mendukung tim tekniknya tersebut dalam pengembangan teknologi yang akan menambah keseruan mengendarai mobil listrik.

"Proyek itu sangat menyenangkan sehingga pengembangannya berlangsung selama tiga tahun. Anehnya, teknologi ini bukan untuk tujuan pertunjukan, namun mungkin akan ada di beberapa mobil listrik masa depan kita,” kata Watanabe, dikutip dari laman Carscoops, Rabu (7/12/2022).

Dalam pengembangan transmisi manual ini, Lexus telah melakukan simulasi di Lexus UX300e. hasilnya, transmisi manual mampu memberikan sensasi yang memuaskan kepada pengemudi dalam setiap penggantian gigi transmisi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Uji Coba

Lexus UX300e yang diuji ini, dilengkapi dengan tiga pedal, tombol shift fungsional, dan penghitung putaran yang jelas tidak berkorelasi dengan putaran motor listrik. Seperti di mobil konvensional yang menggunakan transmisi manual, pengemudi harus menginjak kopling setiap kali mengganti persneling.

Dalam uji coba yang dilakukan, Lexus juga membuat suara knalpot yang diputar di speaker, sehingga membuat perasaan perpindahan giginya makin terasa nyata.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS