Sukses

Mobil Hyundai i30 N Sedan Dilarang Berkeliaran di California, Alasannya Mengejutkan

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik Hyundai i30 N Sedan rasanya harus memarkirkan mobil mereka lebih lama di dalam garasi. Pasalnya, pihak kepolisian di California, telah mengeluarkan peraturan di mana mereka melarang pemilik mobil  untuk mengendarai mobil itu di jalan raya.

Dikutip dari Drive Australia, salah seorang pemilik Hyundai i30 N Sedan pada Agustus 2022 lalu diberhentikan oleh polisi karena suara knalpotnya dinilai begitu menggelegar. Dalam video yang beredar di jagat maya, polisi tersebut menebak bahwa mobil ini telah mengalami modifikasi di bagian mesin.

Mendengar hal tersebut, pemilik mobil menolak keterangan tersebut, justru ia menjelaskan bahwa ini merupakan mobil standar. Hanya saja ia menggunakan mode berkendara N, di mana ini merupakan versi sport dari mobil tersebut sehingga menghasilkan suara yang lebih besar ketimbang mode berkendara normal.

Petugas kepolisian tersebut juga memberitahu pemiliknya agar dia perlu mengembalikkan Hyundai i30 N Sedan ke dealer dan membayar untuk menghapus model N agar tidak menghasilkan suara yang begitu bising.

Polisi menilai suara yang dihasilkan dari mode berkendara N ini telah melampaui batas normal, di mana di wilayah California, batas suara yang diizinkan adalah sebesar 95 desibel. Sedangkan suara yang dihasilkan dari mobil ini sebesar 102 desibel. Akibatnya, pemilik tersebut harus kembali mendaftarkan kendaraan tersebut ke pihak berwenang agar mendapatkan persetujuan.

Di samping itu, petugas juga memberitahu bahwa untuk mengemudikan mobil dalam mode track adalah sesuatu yang ilegal dan mobil tidak akan lulus pemeriksaan kecuali perangkat lunaknya dihapus. Petugas juga menyarankan kepada pemilik untuk menuntut dealer karena dia tidak diberitahu perihal penggunaan mode track di jalan umum adalah sesuatu yang ilegal.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Menuai Komentar dari Warganet

Kejadian ini pun menuai beragam komentar di platform sosial media Reddit. Beberapa pengguna sosial media tersebut menilai bahwa saat melakukan pengujian ke pihak berwajib, mode berkendara yang digunakan harusnya menggunakan mode normal, tidak menggunakan mode N.

Salah satu pengguna sosial media tersebut berkomentar bahwa seharusnya saat mobil menjalankan uji kelaiakan, maka mode berkendara yang digunakan harus pada mode standar.

“Jika kendaraan memiliki dua atau lebih mode operasi yang mengubah emisi suara kendaraan saat diuji menurut Standar SAE ini, pabrikan dapat mengidentifikasi kepada pelanggan mode yang digunakan untuk penilaian kepatuhan," tulis komentar salah satu pengguna sosial media tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.