Sukses

Fisker Jual Mobil Listrik di India Mulai 2023, Siap Bangun Pabrik

Start-up otomotif asal Amerika Serikat (AS) Fisker Inc, akan mulai menjual kendaraan sport listrik (SUV) Ocean di India, Juli 2023

Liputan6.com, Jakarta - Start-up otomotif asal Amerika Serikat (AS) Fisker Inc, akan mulai menjual kendaraan sport listrik (SUV) Ocean di India pada Juli 2023. Kemudian, jenama asal Negeri Paman Sam ini, juga akan mulai memproduksi mobilnya secara lokal dalam beberapa tahun mendatang.

Menurut CEO Fisker, Henrik Fisker, penjualan mobil listrik di India diprediksi akan meningkat pada 2025 dan 2026, dalam sebuah wawancara di New Delhi. "Pada akhirnya, India akan menggunakan listrik penuh. Mungkin tidak secepat AS, China, atau Eropa. Tapi, kami ingin menjadi salah satu yang pertama datang ke sini," ujar Fisker.

Sementara itu, mobil listrik saat ini hanya menyumbang 1 persen dari sekitar 3 juta penjualan mobil tahunan di India. Dengan infrastruktur pengisian daya yang tidak memadai, dan biaya baterai yang tinggi menjadi penyebab lambatnya pergeseran kendaraan listrik.

Pemerintah yang ingin meningkatkan pangsa pasar ini menjadi 30 persen pada 2030, menawarkan insentif miliaran dolar kepada perusahaan untuk membangun kendaraan listrik (EV) dan suku cadang terkait secara lokal.

Pesaing Fisker, Tesla Inc menunda rencana masuk ke India setelah gagal mengamankan tarif impor yang lebih rendah untuk beragam mobil listriknya. Seperti Fisker, awalnya Tesla ingin mengimpor kendaraan untuk menguji pasar Negeri Bollywood, sebelum akhirnya melakukan produksi sedcara lokal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fisker Siapkan Mobil Listrik Khusus untuk Paus Fransiskus

Keberadaan kendaraan listrik di pasar dunia tengah berkembang dengan cukup cepat. Bahkan, Fisker telah mengumumkan jika pihaknya berencana untuk membangun mobil dinas Pemimpin umat Katolik, di Vatikan Roma, Italia, Paus Fransiskus bertenaga listrik.

Melansir Autoblog, mobil dinas yang disebut popemobile ini akan berdasarkan Ocean EV yang baru. Jenama asal Amerika Serikat tersebut akan mengirimkan apa yang disebut kendaraan transportasi untuk Paus ini tahun depan, sebelum memulai seri produksi dari Ocean.

Pengumuman Fisker untuk memberikan mobil listrik untuk Paus ini datang setelah Presiden Joe Biden mengindikasikan kendaraan presiden, yang dijuluki The Beast versi listrik tengah dipertimbangkan.

Presentasi kepada pemimpin agama ini, telah diungkap melalui sketsa dan rendering. Seperti yang terlihat, Paus Franciskus yang diedit dengan photoshop di atap gelembung kecilnya seperti pop-up.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.