Sukses

Ban Mobil Listrik Accelera Iota EVT Resmi Meluncur, Ini Kelebihannya

Liputan6.com, Jakarta - PT. Elangperdana Tyre Industry resmi meluncurkan ban mobil listrik Accelera Iota EVT bersamaan dengan pameran Gaikindo Indonesia International Autoshow (GIIAS ) 2022 di ICE BSD Tangerang.

Ban Accelera Iota EVT (Electric Vehicle Tyre) diciptakan secara khusus oleh Tyre Enginer EPTI untuk mobil listrik. Melalui teknologi simulasi,  Accelera Iota EVT diciptakan dengan model pattern asymmetric dan design sidewall yang unik, modern dan lebih fresh serta memiliki noise yang rendah.

"Sebelum menciptakan produk ini kami lakukan analisa menggunakan software, noise di 68 desibel dengan rolling resistance A atau B. Target kita di A," jelas Koko Jatmiko R&D Manager PT Elangperdana Tyre Industry.

Mobil listrik umumnya memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengan mobil biasa, sehingga torsi yang dihasilkan lebih tinggi ketika kendaraan mulai melaju. Dengan proses penelitian panjang dan pengembangan secara khusus, ban ini memiliki rolling resistance yang rendah dan daya cengkeram optimal, sehingga dapat menghemat pemakaian baterai pada mobil listrik (efesiensi energy).

Selain itu ban Accelera Iota EVT dirancing agar menghasilkan noise yang lebih rendah dibandingkan ban biasa untuk menjaga tingkat kesenyapan pada mobil listrik saat melaju di jalan. Dalam upaya menjamin dan menjaga keselamatan pengendara, pada ban Accelera Iota EVT digunakan teknologi antene.

Teknologi antene adalah teknologi yang diciptakan oleh Tyre Enginer EPTI yang di aplikasikan pada ban Accelera Iota EVT dengan fungsi mentransfer elektrostatik yang muncul pada tapak ban dan meminimalisir kemungkinan munculnya percikan api / kebakaran yang terjadi karena elektrostatik pada ban. Saat ini Accelera Iota EVT tersedia dalam dua variasi ukuran yaitu 195/50 R16 dan 285/35 R22.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Mengenal Ciri-Ciri Ban Mobil yang Wajib Segera Diganti

Ban merupakan satu-satunya komponen mobil yang bersentuhan dengan aspal. Fungsinya sangatlah banyak, misalkan saja meredam getaran dan menyangga beban mobil. Selain itu berperan penting terhadap performa pengereman dan juga daya dorong saat mobil melaju.

Fungsi lainnya adalah menjadi bagian dalam fungsi setir. Dalam hal ini, dia berperan dalam proses mengontrol arah kendaraan.

Fungsi-fungsi tersebut menggambarkan bahwa ban pada dasarnya punya banyak pekerjaan dalam laju sebuah kendaraan. Karena itu, perannya vital, dan ia penting untuk diganti jika sudah menunjukkan sejumlah tanda.

"Ban memiliki tread wear indicator (TWI) yang merupakan tanda kausan sebuah ban. (Misalnya) ketebalan tapak ban," ujar Fisa Rizqiano, Deputy Head Of OE Sales PT Bridgestone Tire Indonesia.

Ia dalam penjelasannya menunjukkan bahwa yang dimaksud dengan ketebalan tersebut adalah jarak antara karet bagian dalam dan permukaan ban minimal 1,6 mm.

Jika sudah lebih dari itu, maka artinya ban sudah harus diganti. Ia pun menjelaskan bahwa ada sejumlah TWI lain di ban.

"(Cek) enam posisi di shoulder dan cek wear bar," ujarnya merujuk pada sebuah bentuk segitiga di sisi ban dan juga bilah-bilah pada tapak ban.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain
    Kendaraan Listrik
  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain
    Mobil Listrik
  • Accelera
  • ban