Sukses

Semakin Serius Terjun di Pasar Mobil Listrik, Hyundai Perkenalkan Sosok Ioniq 6

Liputan6.com, Jakarta - Hyundai Motor Company (HMC) memamerkan desain dari Ioniq 6 pada hari Rabu (29/6/2022). Kehadirannya memperlihatkan keseriusan Hyundai menggarap pasar kendaraan listrik.

Hadir dengan desain yang disebut Electrified Streamliner, kendaraan ini berbeda pendekatan desainnya dengan Ioniq 5 yang lebih ke arah retro. Bentuk desainnya memperlihatkan garis aerodinamis dan tentunya menggunakan bahan material ramah lingkungan sebagai nilai lebih pada konsumen kendaraan listrik.

Bagi yang sudah bertemu dengan kendaraan konsep Hyundai Prophecy pada pameran otomotif beberapa waktu lalu, pasti menyadari sedikit kesamaan kedua model. Ioniq 6 memang terinspirasi dari Prophecy yang memiliki desain clean, dengan garis sederhana yang disebut Hyundai Emotional Efficiency. Bentuknya dari luar terlihat seperti kepompong dengan interior yang menggambarkan sliuet era baru kendaraan listrik. Ini sesuai dengan arah Hyundai terhadap komitmen customer centric yang menginginkan efisiensi energi dengan tanggung jawab terhadap lingkungan.

SangYup Lee, Executive Vice President dan Head of Hyundai Design Center mengungkapkan Ioniq 6 mempertemukan sisi emosional dan fungsionalitas dengan estetika.

“Desain ramping yang khas adalah hasil kerja sama yang erat antara para insinyur dan desainer, dengan perhatian obsesif terhadap detail dan nilai-nilai yang berpusat pada pelanggan pada intinya. Kami telah menciptakan Ioniq 6 sebagai kepompong penuh perhatian yang menawarkan tempat yang dipersonalisasi untuk semua," ucap Lee dalam keterangannya.

Kembali soal Ioniq 6, Hyundai menegaskan sisi aerodinamis kendaraan listrik ini dengan capaian angka CoD (Coefficient of Drag) hanya 0,21. Ini dapat terwujud berkat kehadiran bagian depan yang rendah, sayap udara aktif, jarak roda yang diperpendek serta penggunaan kamera untuk kaca spion. Bagian belakangnya hadir sayap berbentuk elips dengan winglet serta diffuser di belakang. Bagian bawahnya mobil ini juga tertutup untuk mencapai angka aerodinamis yang maksimal. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Prametric Pixel

Prametric Pixel juga hadir di sini, bahkan terdapat sebanyak 700 buah yang tersebar di beberapa bagian. Ada di headlamp, stoplamp kombinasi, air vent garnish serta konsol tengah. Bagian belakangnya hadir high mounted stop lamp dengan Parametric Pixel yang menarik perhatian. Tidak lupa logo H ada di bagian depan dan belakang.

Masuk ke interiornya, penggunaan platform Electric Global Modular Platform (E-GMP) memudahkan desainer untuk mengoptimalkan penggunaan ruang. Tidak lupa penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan hadir di berbagai detail mobil ini seperti cat yang berasal dari pengolahan ban bekas dan arang bambu. Penggunaan bahan plastik dan kulit ramah lingkungan, termasuk karpet dari bekas jala pencari ikan digunakan untuk produk yang berkelanjutan ini.

Desain yang user centric tercermin dari posisi tombol-tombol kontrol yang terletak pas tanpa mengurangi konsentrasi berkendara. Layar sentuh 12 inci hadir sebagai pusat hiburan dengan layar meter cluster berukuran sama.

Dari gambar yang diberikan, terlihat Ioniq 6 menghadirkan pencahayaan futuristik di dalam kabin berkat kehadiran dual color ambient light. Terdapat 64 pilihan warna dengan enam tema dual color untuk menciptakan kabin yang terasa nyaman dan relax. Pada lingkar kemudi, hadir interactive pixel light empat titik untuk memudahkan komunikasi antara pengemudi dengan kendaraan.

Sayangnya, Hyundai belum membocorkan spesifikasi teknis soal motor listrik pada informasi kali ini. Termasuk kapan peluncuran resmi dari model elektrifikasi terbaru ini. Namun diperkirakan kehadirannya di sekitar akhir tahun 2022 atau awal tahun depan. (Sta/Tom)

Sumber: Oto.com