Sukses

Semakin Mendekati Kenyataan, Mobil Terbang Ini Terlihat Diuji Coba di Cina

Baru-baru ini, XPeng mengajukan paten untuk mobil terbang

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, XPeng mengajukan paten untuk mobil terbang. Tampak seperti mobil biasa, dengan kotak rotor atap raksasa. Tiba-tiba, beberapa spy shot dari mobil terbang ini, muncul di dunia maya, dan terlihat tengah diuji coba.

Disitat dari Carnewschina, Xpeng Heitech sendiri adalah perusahaan yang mengembangan semua mobil terbang Xpeng. Jenama ini didirikan oleh Zhao Deli pada 2013, dengan dukungan keuangan dari CEO Xpeng, He Xiaopeng.

Sejak 2016 hingga 2021, Xpeng Heitech telah menghadirkan lima generasi mobil terbangnya. Bahkan, generasi terbarunya sudah beredar di Eropa tahun ini. Mobil terbang yang sudah ada, memang tidak terlihat seperti roda empat pada umumnya, karena tidak memiliki roda atau bentuk bodi konvensional.

Namun, untuk generasi keenam mobil terbang XPeng akan berubah, dan memiliki bentuk bodi layaknya mobil penumpang biasa.

Kembali ke foto spy shot yang beredar, menurut sumber, mobil terbang ini berada di Jalang Chongqing. Seperti yang terlihat, mobil yang tengah diuji ini menggunakan bodi sedan listrik XPeng P7 yang banyak dimodifikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Atap mobil terbang

Hal yang paling mencolok, adalah atap dari mobil ini dengan kabel tebal masuk ke bagian atap. Mengingat tantangan utama dalam membuat kendaraan terbang dengan mekanisme rotor terlipat, adalah untuk menjaganya agar tetap bebas dari getaran di jalan, dan dapat ditebak XPeng Heitech tengah menguji sistem suspensi yang berbeda untuk mencegah guncangan berlebihan di mekanisme berlipat tersebut.

Jadi mobil terbang XPeng sedang dalam tahap pengujian awal. Namun sebelumnya, XPeng berbagi bahwa akan meluncurkan mobil terbangnya pada 2024, dengan banderol harga sekitar 1.000.000 yuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.