Sukses

Ini yang Harus Diperhatikan Saat Membersihkan Rantai Motor

Liputan6.com, Jakarta - Rantai sebagai penerus tenaga ke roda belakang sepeda motor menjadi salah satu komponen yang penting. Oleh karenanya kondisi rantai motor harus benar-benar diperhatikan. Apalagi jika motor digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Menurut Hiroki Nakagawa selaku Marketing Advisor PT Daido Indonesia Manufacturing, rantai merupakan tempat bersarangnya kotoran dan debu jalanan. Karenanya, rantai mesti dibersihkan menggunakan air bersih secara berkala. Paling tidak tiap 500 kilometer.

"Kemudian tiap 1.000 kilometer rantai diberi chainlube," katanya di Jakarta, Rabu (26/1/2021).

Lebih lanjut lanjut ia menyatakan, angka tersebut bukan lah patokan mutlak karena tergantung kondisinya.

"Itu untuk penggunaan di kondisi jalanan kering. Tapi kalau berkendara di jalanan basan dan kotor maka harus lebih cepat dibersihkan," tambahnya.

Diko Oktaviano selaku Technical Support PT NGK Busi Indonesia memberikan sedikit tips dalam membersihkan rantai motor.

"Langkah pertama bilas dengan air bersih sambil disikat lalu beri chain cleaner. Terakhir baru disemprot chainlube," terang

Lebih lanjut ia mengimbau agar menghindari membersihkan rantai menggunakan bensin karena bisa merusak seal pada rantai. Menurutnya, efek membersihkan menggunakan bensin membuat rantai rentan kaku.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Cari Rantai

Sekadar informasi, NGK Busi Indonesia menjadi agen pemegang merek DID di Indonesia sejak 2021. Untuk memudahkan pengguna sepeda motor yang mencari rantai, situs resmi NGK Busi menghadirkan fitur "Cari Rantai".

Melalui fitur baru ini, beragam tipe rantai DID untuk bermacam-macam tipe sepeda motor dapat ditemui.

"Dengan fitur Cari Rantai ini, para pengguna motor bisa dengan mudah mendapatkan rekomendasi tipe rantai motor terbaik DID yang tersedia di Indonesia," jelas Ardhieta Wicaksana, Marketing Manager PT NGK Busi Indonesia.

"Tidak hanya jenis rantai motor standar, informasi produk dan ukuran rantai motor DID yang lain seperti rantai mesin, paket gear set yang terdiri dari rantai motor dan gir depan-belakang hingga pilihan rantai custom warna-warni untuk modifikasi dan spek balap pun ada di sana," tambahnhya.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron