Sukses

Cara Tepat Menangani Ban Mobil yang Tertusuk Paku

Cara terbaik saat ban mobil tertusuk paku, perhatikan beberapa hal berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam mobilitas sehari-hari, mengalami ban bocor akibat tertusuk paku bisa saja terjadi. Meski ban mobil sudah menggunakan teknologi tubeless, namun jika tertusuk paku, ada cara yang tepat untuk menanganinya.

Memang penggunaan ban tubeless ini lebih baik ketimbang tubetype ketika terkena paku. Pasalnya, dengan teknologi yang disematkan pada ban tersebut, apabila tertusuk paku maka angin yang ada di dalam ban tidak langsung keluar semua.

Sebaliknya, jika menggunakan ban tubetype, jika tertusuk paku maka angin yang mengisi ruang ban dalam akan habis seketika.

Namun, bagaimana cara yang tepat untuk menangani ketika ban tertusuk paku? Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan untuk menangani situasi seperti itu.

Sebagai alternatif, dalam hal ini penggunaan cairan antibocor memang bisa membantu untuk meminimalisir angin yang keluar akibat ban tertusuk paku. Pasalnya, ketika ada lubang yang menghantam ban, cairan yang sudah dimasukkan ke dalam ban ini akan mengisi celah tersebut.

Dengan begitu, saat paku dicabut pun cairan tersebut akan membantu menjaga tekanan angin pada ban tetap normal. Namun, penggunaan cairan ini masih menjadi pro dan kontra. Salah satu alasan tidak disarankan adalah, dapat membuat bagian dalam pelek rusak akibat pH dari cairan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jangan Diamkan Paku Terlalu Lama di Dalam Ban

Ketika kondisi ban mobil terkena paku, salah satu cara yang harus dilakukan adalah mencabut paku tersebut. Meski banyak informasi yang berbedar jangan langsung dicabut agar tidak kehilangan angin, hal tersebut bukan alasan yang tepat.

Adapun tujuan mencabut paku dari ban adalah untuk meminimalisir robekan ban agar tidak semakin membesar. Ketika paku didiamkan terlalu lama dan mobil terus berjalan jauh, maka celah dari dinding ban yang bolong tersebut akan semakin lebar.

Cara berikutnya ketika ban tertusuk paku adalah segera masukkan mobil ke bengkel untuk mendapatkan pertolongan secepatnya. Hal ini ditujukan agar ban tersebut mendapat penanganan yang tepat dan performa ban tidak menurun akibat tertusuk paku tersebut.

3 dari 3 halaman

Infografis: Waspada Joki Kartu Prakerja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.