Sukses

Suzuki Bakal Luncurkan Mobil Listrik pada 2025

Mobil listrik murni Suzuki juga akan mulai dijual pada 2025.

Liputan6.com, Jakarta - Maruti Suzuki sebagai produsen mobil terbesar di India, dengan pangsa pasar sekitar 50 persen belum memiliki line-up kendaraan listrik. Pabrikan berlambang huruf S ini memang sudah menguji WagonR listrik, tetapi baru akan meluncurkan model dengan tenaga baterai 100 persen ini pada 2025.

Berdasarkan laporan dari Asia Nikkei, yang disitat dari GaadiWaadi, Senin (4/10/2021), mobil listrik murni Suzuki juga akan mulai dijual pada 2025. Jenama asal Jepang ini memang sudah berencana untuk menghadirkan mobil listrik di beberapa pasar global, dan dimulai dari India sebagai pasar terbesarnya.

Suzuki telah menegaskan akan menginvestasikan sekitar US$ 9 miliar pada 2026 dalam pengembangan mobil listrik. Sebagai bagian dari peralihan dari mesin konvensional ke listrik, produsen mobil tersebut sudah berupaya memperkenalkan kendaraan hibrida di pasar India.

Sementara itu, untuk memperkuat produksi baterai di India, Suzuki juga menyiapkan unit manufaktur bekerja sama dengan Denso dan Toshiba.

Suzuki memang terlambat ikut terjun di pasar kendaraan listrik, dan kemungkinan akan membuat langkah besar dengan menawarkan produk yang terjangkau dan praktis di pasar global.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persaingan Ketat

Sebagai informasi, saat ini pasar India adalah yang terbesar kelima, dengan penjualan tahunan sekitar tiga juta mobil. Namun, pangsa pasar kendaraan listrik hampir tidak ada.

Dengan mobil listrik murni yang akan datang dari Suzuki, diharapkan dapat membentuk persaingan yang ketat di antara merek, dan diperkirakan akan mendatangkan lebih banyak model listrik di pasar Negeri Bollywood.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Suzuki