Sukses

Kangen Touring? Siapkan Dulu 5 Hal Penting Ini Sebelum Berangkat

Saat melakukan touring, khususnya yang menempuh jarak jauh, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi para bikers, kegiatan touring atau pergi menempuh jarak jauh menjadi kegiatan yang sangat dirindukan di tengah kondisi pandemi Covid-19. Karena saat ini pecinta roda dua disarankan untuk tidak melakukan kegiatan tersebut sementara waktu.

Namun, saat kondisi sudah mulai stabil, dan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah dicabut pemerintah, para bikers dapat kembali melakukan touring, baik itu sendiri maupun bersama teman dan komunitas. Saat melakukan touring, khususnya yang menempuh jarak jauh, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan.

Tidak hanya kondisi pengendara maupun kendaraannya, tapi juga hal lainnya yang dapat mendukung kelancaran dan keselamatan di perjalanan.

Berikut, beberapa hal yang harus diperhatikan para bikers saat hendak touring, seperti disarankan Yamaha Indonesia:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Cek Kondisi Kendaraan

Perjalanan jarak jauh tentu memerlukan kondisi motor yang prima, oleh karena itu sebelum melakukan touring pastikan Anda sudah melakukan pengecekan terhadap seluruh komponen motor seperti ban, oli, aki dan lainnya dimana semuanya dapat berfungsi dengan normal dan dalam kondisi baik.

2. Pastikan Kondisi Tubuh Sehat

Hal lain yang tidak kalah penting adalah memastikan kondisi badan dalam keadaan sehat. Menjelang hari keberangkatan touring siapkan fisik Anda sebaik mungkin.

Tidur cukup dan jaga asupan makanan serta minuman untuk meningkatkan konsentrasi ketika berkendara. Dan jangan coba memaksakan diri ketika merasa lelah diperjalanan, berhenti sejenak untuk istirahat guna memulihkan kembali tenaga dan konsentrasi. 

3 dari 4 halaman

3. Kenali Rute Perjalanan

 Memahami kondisi dan karakter jalan yang akan dilewati merupakan salah satu cara untuk meminimalisir resiko kecelakaan dijalan. Karena dengan mengetahui rute yang akan dilewati kita dapat menghindari atau berkendara dengan penuh kehati-hatian saat melintas di daerah yang rawan kecelakaan.

Selain itu, dengan mengetahui kondisi jalan, kita bisa mempersiapkan setelan suspensi motor agar siap berkendara di segala kondisi jalan.

4. Patuhi Rambu Lalu Lintas & Marka Jalan

Salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan dijalan adalah karena minimnya kesadaran pengendara untuk mau mematuhi rambu lalu lintas dan marka jalan. Padahal, dengan mau mengikuti rambu dan marka yang ada kita dapat berkendara secara lebih teratur dan terkontrol serta menghormati sesama pengguna jalan.

 

4 dari 4 halaman

5. Gunakan Riding Gear yang Layak

Riding gear yang layak dan terstandarisasi menjadi barang wajib yang harus dikenakan secara lengkap ketika sedang berkendara, khsususnya saat touring jarak jauh. Karena dengan mengenakan riding gear yang lengkap dan benar dapat mencegah atau setidaknya meminimalisir dampak luka yang diderita tubuh ketika mengalami kecelakaan di jalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.