Sukses

Suzuki Siapkan Mobil Listrik dengan Harga Terjangkau pada 2025

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki berencana untuk memperkenalkan mobil listrik pertamanya pada tahun fiskal 2025. Model ramah lingkungan dan pabrikan berlambang 'S' ini akan akan dirilis pertama kali di India, sebelum diluncurkan di Jepang dan Eropa.

Menurut Asia Nikkei yang disitat dari Paultan, Rabu (21/7/2021) mobil listrik yang sepenuhnya bersumber dari baterai ini akan dijual seharga 1,5 juta yen atau setara dengan Rp 198 jutaan setelah dihitung dengan subsidi dari pemerintah.

Langkah pembuat mobil asal Negeri Matahari Terbit ini menuju era elektrifikasi hadir setelah mengatakan bakal menginvestasikan satu triliun yen pada Maret 2026 ke untuk penelitian dan pengembangan mobil listrik.

Sementara itu, Suzuki sudah menawarkan model hibrida di India, meskipun model ini hadir terlambat dibanding pemain lainnya.

Suzuki juga akan membangun pabrik di Gujarat, India dengan pembuat suku cadang mobil seperti Denso dan Toshiba, yang diharapkan bisa dibuka pada September dan akan membuat baterai lithium-ion untuk model hibrida Suzuki.

Sedangkan laporan lain menyatakan, mobil listrik pertama Suzuki ini akan berbentuk hatchback kompak atau SUV kecil, dan dikembangkan bersama Toyota.

2 dari 3 halaman

Pasar mobil listrik

Saat ini, Suzuki sendiri memiliki pangsa pasar sebesar 50 persen di India, dan ingin mempertahankan keunggulannya di pasar dengan menambahkan kendaraan listrik di line up-nya.

Sebagai informasi, penjualan mobil listrik di India sendiri tengah melambat. Tapi, negara tersebut memiliki ambisi untuk memiliki 30 persen dari penjualan mobil barunya adalah model listrik pada 2030.

3 dari 3 halaman

Infografis Cek Fakta PPKM Darurat