Sukses

Tips Membersihkan Karburator Motor di Rumah Saat PPKM Darurat

Bagi pemilik motor, untuk mengisi waktu luang saat di rumah saja, bisa melakukan kegiatan yang positif, seperti merawat kendaraan kesayangan

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat untuk menekan kasus COVID-19. Jika tidak ada kebutuhan yang penting, berdiam diri di rumah menjadi pilihan terbaik saat ini.

Bagi pemilik motor, untuk mengisi waktu luang saat di rumah saja bisa melakukan kegiatan yang positif, seperti merawat kendaraan kesayangan. Salah satunya, adalah membersihkan karburator roda dua, agar saat digunakan performanya tetap bisa terjaga.

Karburator sendiri terkadang bisa mengalami gangguan, seperti kotor. Jika sudah begitu, pastinya mengurangi pembakaran yang baik dan dapat menyebabkankerusakan, seperti tersendat-sendat dan motor susah dihidupkan.

Berikut ini cara membersihkan karburator yang benar, seperti disitat dari laman resmi Federal Oil:

1. Lepaskan Dulu Karburator Dari Dudukan

Pertama harus melepaskan dulu karburator dari dudukan, kemudian dudukan posisinya. Sebelumnya pemilik harus menyiapkan dulu alat atau kunci untuk melepaskan karburator. Hati-hati ketika ingin melepaskan karburator

2. Buka Mangkuk Karburator dan Bersihkan

Selanjutnya buka mangkok karburator motor dengan melepas semua baut pengaitnya. Lalu lihat apakah ada endapan atau bagian yang terkontaminasi. Jika memang kotor, bersihkan menggunakan kuas lembut lalu bilas menggunakan bensin agar lebih bersih.

3. Lepas dan Bersihkan Pilot Jet

Kemudian Anda harus lepaskan bagian pilot jet, main jet dan juga needle jet dari karburator motor. Sebaiknya anda lepaskan dengan hati-hati lalu segera bersihkan dengan cara meniupnya. Akan lebih mudah jika anda menggunakan kompresor dibandingkan harus meniup manual.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Bersihkan Main Jet Karburator

 Setelah melepaskan bagian pilot jet termasuk main jet dan juga needle jet, dan bersihkan dengan menggunakan kompresor. Nah untuk membersihkan Needle jet ini anda harus berhati-hati. Cukup dengan kuas yang sudah dicelupkan ke bensin kemudian anda semprot pada bagian lubang memakai kompresor.

5. Bersihkan Spuyer Karburator

Cara membersihkan karburator berikutnya adalah dengan membersihkan spuyer karburator, bagian ini sangat berpengaruh pada kinerja mesin, jadi bagian ini cukup penting untuk kita bersihkan.

Anda harus berhati hati ketika membersihkan spuyer agar tak merubah diameter nya, karena jika diameter spuyer berubah kemungkinan motor akan tidak bisa dinyalakan. Anda bisa membersihkan spuyer dengan menggunakan amplas halus lalu bersihkan kotoran yang menempel.

6. Merakit Kembali Karburator

Kemudian yang terakhir adalah merakit dan memasang kembali ke motor dengan benar. Lalu atur campuran bahan bakar dengan menyetel ketinggian pelampung mesin dengan menggunakan jangka sorong. Rakit semua komponen lalu pasang kembali karburator pada kedudukan semula. Selesai.

Perlu diketahui bahwa jika ingin membersihkan karburator motor sendiri, maka akan dibutuhkan ketelitian yang cukup tinggi. Perhatikan dan ingat selalu posisi komponen karburator.

Jika merasa kesulitan untuk membersihkan sendiri, bisa membawa motor ke bengkel guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3 dari 3 halaman

infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.