Sukses

Mobil Susah Distarter Saat Momen Lebaran, Segera Cek Komponen Ini

Liputan6.com, Jakarta - Momen Lebaran umumnya dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan silaturahmi dengan keluarga besar maupun tetangga. Biasanya, penggunaan mobil digunakan untuk menjangkau rumah sanak saudara yang lumayan jauh.

Namun, biasanya hal tersebut tidak berjalan mulus karena kadang mobil kerap mengalami masalah. Salah satunya adalah mobil yang susah distarter untuk dihidupkan.

Kejadian ini memang membuat jengkel, terlebih momen tersebut digunakan untuk mobilitas. Namun, menurut Hadi Taruna, pemilik workshop Engine Block Autoworks di Bintaro, Tangerang Selatan, menjelaskan perihal komponen apa yang menjadi penyebab utama mobil susah distarter. Untuk itu jangan panik dulu ketika menghadapi kejadian seperti ini.

"Gejala susah distarter itu sumbernya dari dinamo starter pastinya," buka pria yang akrab disapa Hatar ini kepada Liputan6.com.

Ada beberapa gejala yang biasanya terjadi sebelum mobil ngadat seperti itu. Gejalanya adalah ada bunyi yang aneh dari bagian dinamo starter, sehingga menyebabkan mobil susah untuk distarter.

"Pas distarter, dinamo hanya bunyi kretek-kretek aja, lalu bisa normal hidup lagi. Saat distarter, biasanya kosong dulu baru dinamonya bekerja. Dan biasanya, kondisi itu bisa distarer tapi berat karena tidak dukung dengan setrum aki yang lemah," beber Hata

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alternatif untuk Menghidupkan Mobil Saat Starter Mobil Rusak

Untuk mengakalinya, masih menurut pemilik bengkel yang doyan dengan mobil Peugeot, jika komponen tersebut masih baik biasanya bisa diketok-ketok saja. Dengan begitu, biasanya bisa lagi digunakan namun tidak dalam jangka waktu yang panjang usia pakainya.

"Untuk mengakalinya, biasanya ketok-ketok dinamo starternya, baru bisa bekerja. Kalau mulai ada gejala tersebut, ya artinya dinamo starter harus diganti atau di repair dengan catatan kondisi komponen itu masih memungkinkan untuk bekerja," beber Hatar.

Namun, jika memang kondisi starter tersebut tidak bisa digunakan saat kondisi darurat, pemilik mobil masih bisa melakukan antisipasi dengan mendorong mobil dan langsung memasukkan gigi ke satu atau dua sehingga motor menjadi bisa bekerja kembali.

3 dari 3 halaman

Infografis Manfaat Detoks Kopi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.