Sukses

Lupa Matikan Bluetooth, Mobil Listrik Tesla Model Y Dicuri Maling

Liputan6.com, San Fransisco - Memiliki mobil pintar layaknya Tesla, bukan berarti terbebas dari masalah pencurian. Tetapi, pelaku pencurian bisa memanfaatkan celah dari aktifnya fitur Bluetooth yang ada di smartphone dan mobil Tesla itu sendiri.

Kejadian pencurian ini terjadi di San Fransisco, Amerika Serikat, saat pemilik Tesla Model Y tersebut tengah tertidur di apartemennya. Disinyalir, pencuri tersebut memanfaatkan celah dari konektivitas Bluetooth yang menghubungkan antara mobil dan smartphone yang berfungsi sebagai pembuka kunci mobil.

Sebetulnya, mematikan fitur Bluetooth tersebut tidak harus dilakukan jika mobil dan smartphone berada lebih dari 3 kaki atau sekitar 10 meter.

Jika koneksi Bluetooth yang menghubungkan antara keduanya berada di bawah jarak tersebut, dikabarkan setiap orang bisa membuka pintu mobil mengendarai mobil tanpa harus menggunakan alat lain.

"Tadi malam, seseorang bisa masuk ke mobil meskipun saya menguncinya dari aplikasi pada malam sebelumnya. Mereka bisa mengendarai hampir satu mil jauhnya. Rupanya, Tesla dapat terus mengemudi tanpa kartu kunci atau telepon di dalamnya. Mobil bisa dihidupkan dan dikendarai asalkan smartphone terletak tidak jauh dari mobil tersebut," ujar pemilik Tesla Model Y yang dicuri tersebut.

 

2 dari 4 halaman

Mobil Berhasil Ditemukan Karena Pencurinya Gaptek

Beruntung Tesla dibekali dengan fitur yang modern. Alhasil, ketika pencuri tersebut memarkirkan kendaraannya dan tidak ada koneksi antara smartphone pemilik dengan Tesla, maka mereka tidak bisa lagi membuka mobil dan menghidupkannya.

Dengan kelengahan tersebut, akhirnya mobil tersebut ditinggalkan oleh pencuri di salah satu lokasi tidak jauh dari apartemen pemilik Tesla tersebut.

"Ketika mobil itu diparkir lagi, mereka tidak dapat memasukkannya lagi karena berada di luar koneksi smartphone. Syukurlah mereka pasti tidak tahu itu dan tidak membuat jauh sebelum memarkirkan mobil," tambah pemilik Tesla.

Jadi, untuk para pemilik mobil Tesla Model Y, diharapkan harus mematikan fitur Bluetooth pada smartphone sebelum meninggalkannya.

3 dari 4 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini