Sukses

Jangan Sampai Menyesal, Berikut Tips Membeli Motor Sport Bekas yang Aman

Membeli motor bekas menjadi salah satu alternatif mendapatkan kendaraan impian dengan harga yang lebih terjangkau.

Liputan6.com, Jakarta - Membeli motor bekas menjadi salah satu alternatif mendapatkan motor impian dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, ada yang harus diperhatikan agar tidak mendapatkan roda dua yang ternyata kondisinya sangat tidak layak.

Melansir Federal Oil, setidaknya ada lima bagian yang harus diperiksa saat hendak membeli motor sport bekas.

Pertama, cek bagian mesinnya dan ini menjadi yang terpenting. Perhatikan, ada rembesan oli atau tidak.

Jika ada rembesan oli dari blok mesin, menandakan karet sil sudah tidak berfungsi selain itu bisa juga ada komponen lain retak atau pecah, jika ada rembesan sebaiknya jangan pilih motor tersebut.

Untuk mengetahui mesin masih bagus atau tidaknya bisa menghidupkan motor lalu dengarkan apakah ada bunyi aneh dari mesin atau tidak. Jika ada suara mesin yang aneh di sekitar head silinder, bisa karena setelah klep yang mulai renggan atau rantai keteng yang sudah mulai kendur.

Akan tetapi jika bunyi mesin berada di bagian tengah mesin, kamu patut berhati-hati, kemungkinan komponen di bearing kruk as sudah renggang atau stang pistonya mulai kena. Kedua yang harus dicek pada spido meternya kamu bisa lihat STNKnya lalu hitung jarak tempuh yang tertera pada spido meternya.

Jika motor sudah berusia lebih dari 3 tahun tapi jarak tempuh yang ada di spido meter hanya puluhan ribu patut dicurgai. Apabila motor benar-benar sehat, biasanya panel meter, lampu-lampu indikator masih menyala normal, seperti penunjuk bbm, dan penghitung jarak tempuh.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah Ketiga

Langkah ketiga, jangan lupa cek kelistrikan motor, karena kelistrikan ini sangat penting untuk sepeda motor. Jika kelistrikan tidak bagus, bisa-bisa kamu bisa mengeluarkan banyak biaya untuk perbaikannya.

Perikasa semua mulai dari lampu-lampu baik lempu belakang, lampu depan serta lampu sein apalagi saat ini lampu motor sudah menggunakan LED, jika kelistrikan tidak ada masalah maka lampu LED jarang putus.

Jika lampu sudah diganti bukan LED lagi atau bukan lampu standar, patut waspada.

Ke empat lakukan test ride, ini sangat penting supaya kita benar-benar tahu kualitas motor sport bekas yang akan kita beli. Dengan test ride kamu bisa mencoba melakukan perpindahan gigi dan menarik kopling, jika kamu merasa perpindahan transmisinya sulit atau keras bisa jadi kampas kopling sudah mulai habis.

Kelima bisa cek bagian kaki-kakinya, apalagi kamu mau beli motor sport. Coba motor dipakai melewati jalan rusak dan melibas polisi tidur, apakah sok masih dapat meredam dengan normal atau sudah mati (letoy atau malah keras).

Jika sok masih bagus, saat melibas polisi tidur atau jalan bergelombang dia akan stabil, tapi jika ada goyangan kekiri atau kanan biasanya bearing roda sudah tidak bagus.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.