Sukses

Tips Mengatasi Mabuk Kendaraan Saat Melakukan Perjalanan Jauh

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan perjalanan jauh dengan mengendarai mobil bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, ada sebagian orang yang mengalami kecenderungan mudah mengalami mabuk kendaraan, sehingga sepanjang di jalan, merasakan mual bahkan muntah.

Kondisi ini memang tidak berbahaya, namun sebaiknya segera ditangani agar perjalanan tetap nyaman dan menyenangkan.

melansir laman resmi Auto2000, berikut adalah beberapa cara menghilangkan mabuk kendaraan yang dapat dicoba:

1. Hindari konsumsi makanan berat sebelum perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan, terutama perjalanan jauh, hindari konsumsi makanan berat. Jika perut terasa lapar, sebaiknya isi perut dengan makanan ringan. Bisa juga dengan menyiasati porsi makanan, mengambil lebih sedikit dari porsi normal sebelum perjalanan.

Kondisi perut yang penuh, ditambah dengan guncangan selama perjalanan, akan meningkatkan risiko mabuk kendaraan. Terlebih jika jarak waktu antara Anda makan dan mulai perjalanan tidak terlalu jauh.

Untuk itu, usahakan makan secukupnya dan sewajarnya sebelum Anda memulai perjalanan.

2. Pilih posisi tempat duduk yang nyaman

Model jok mobil yang berlawanan arah dengan pergerakan kendaraan ternyata cenderung mudah memicu mabuk kendaraan.

Karenanya, sebagai cara menghilangkan mabuk kendaraan, pilihlah posisi tempat duduk yang satu arah dengan pergerakan kendaraan.

Dengan demikian, posisi tubuh dengan gerak kendaraan pun searah. Anda tidak akan merasakan efek tubuh seolah tertarik ke arah berlawanan.

2 dari 3 halaman

3. Istirahat cukup sebelum bepergian

Terkadang, mabuk perjalanan juga bisa disebabkan oleh tubuh yang lelah. Untuk itu, pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup sebelum bepergian jauh. Jika memang tidak memungkinkan, Anda bisa beristirahat di kendaraan.

Bawa peralatan yang bisa membantu Anda untuk beristirahat dengan nyaman di kendaraan, seperti bantal leher dan penutup mata.

4. Berbaring saat mulai merasa tidak enak badan

Bila Anda sudah mulai merasa tidak enak badan saat sedang dalam perjalanan, segeralah berbaring. Jika tidak memungkinkan untuk berbaring, ambil posisi istirahat yang nyaman seperti duduk bersandar.

Duduklah dengan nyaman dan luruskan kaki Anda sebagai cara menghilangkan mabuk kendaraan. Pejamkan mata hingga rasa mual mereda. Jika merasa haus, Anda bisa minum air mineral.

5. Konsumsi obat anti mual

Anda juga bisa melakukan langkah preventif dengan mengonsumsi obat anti mual. Konsumsilah obat anti mual dan anti mabuk tersebut setidaknya 1-2 jam sebelum perjalanan.

Anda bisa menggunakan obat anti mual yang dapat dibeli tanpa resep dokter, seperti Domperidone atau Metoclopramide yang termasuk golongan antihistamin.​​​​​​​

6. Hindari membaca buku atau menggunakan gadget

Membaca buku atau menggunakan gadget saat sedang dalam perjalanan bisa memicu munculnya rasa mual dan pusing. Sebab, kegiatan tersebut dapat menyebabkan ketidakselarasan antara mata dan telinga Anda.

Karenanya, sebagai cara menghilangkan mabuk kendaraan, sebaiknya hindari kedua aktivitas tersebut. Sebagai gantinya, Anda bisa mendengarkan musik atau mengobrol dengan orang lain sepanjang perjalanan.

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19.