Sukses

Seluk Beluk Mobil Bisa Kuasai dari Buku Manual, Makanya Jangan Malas Baca

Dengan membaca buku manual, bisa berguna untuk mengetahui informasi penting terkait kendaraannya

Liputan6.com, Jakarta - Kebiasaan masyarakat setelah membeli mobil adalah langsung mencoba kendaraan kesayangannya. Jarang sekali yang membaca buku manual terlebih dahulu, karena dianggap sudah mengetahui semuai fitur roda empat yang dipinangnya.

Padahal, dengan membaca buku manual, bisa berguna untuk mengetahui informasi penting terkait kendaraannya. Utamanya fitur dan kelengkapan mengadopsi teknologi dengan perangkat komputer nan canggih.

Manual book disediakan bersama sejumlah produk dalam satu paket. Buku panduan ini berisi informasi sesuai dengan bagian yang terkait dari model atau produk tertentu.

"Fungsi manual book cukup signifikan terhadap penjualan sebuah produk. Manual book dapat membantu konsumen non-teknisi untuk menyelesaikan masalah tanpa bantuan ahli. Misalnya ketika mendapati masalah terkait produk, konsumen dapat membuka manual book terlebih dahulu, sebelum apakah harus memutuskan untuk pergi ke bengkel resmi,” terang Samsudin, Aftersales Support PT Astra International, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Minggu (28/3/2021).

Buku manual bermanfaat untuk memberikan jawaban cepat kepada si empunya saat bermasalah atau adanya pertanyaan yang tentang produk tertentu.

Pengguna dapat mencari informasi tentang fitur terbaru dan terhebat dari suatu produk. Selain itu, bagaimana cara menyelesaikan masalah ketika mendapatinya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perlukah membaca manual book secara keseluruhan?

Pertanyaan tersebut kerap muncul dari pemilik mobil. Jawabannya, mungkin tidak perlu. Cukup melihat daftar isi. Setelah menemukan halaman yang tepat, konsumen silahkan membaca halaman sekilas untuk melihat apakah berisi informasi yang dibutuhkan. Itu adalah cara kebanyakan orang membaca manual book.

Sebagian besar manual book berisi panduan tertulis dan gambar terkait dalam bentuk ilustrasi sederhana. Bahasa yang digunakan pun disesuaikan dengan audiensnya. Dengan menjaga seminimal mungkin isi, namun tetap menjelaskan secara menyeluruh.

Isi manual book biasanya terdapat informasi terpenting dan detail seperti Informasi Garansi, Instruksi Keselamatan, Instruksi Instalasi, Identifikasi Masalah, Instruksi Pengaturan, Spesifikasi Umum Produk serta Instruksi Perawatan dan Pemecahan Masalah. Sehingga konsumen tak perlu khawatir jika mendapati masalah di jalan,” tegas Samsudin.

Selain itu, di manual book Peugeot 3008 & 5008 Allure Plus juga tersedia infomasi Lokasi Pusat Layanan. Tujuannya bila ada masalah memerlukan perbaikan oleh teknisi resmi pabrikan.

Untungnya, seiring berkembang zaman perangkat digital modern hadir selain manual book. Beberapa manual book untuk perangkat komputer disediakan dalam bentuk CD, atau aplikasi yang bisa diunduh melalui App Store atau Google Play.

 

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.