Sukses

Daftar Mobil Listrik yang Dikabarkan Meluncur Februari 2021

Liputan6.com, Jakarta - Tren mobil listrik di beberapa negara sudah mulai menjamur tak terkecuali di Tanah Air. Beberapa pabrikan besar sudah tidak malu-malu lagi untuk memperkenalkan kendaraan listriknya.

Tahun lalu saja, terdapat lusinan kendaraan listrik yang diluncurkan di pasar global baik hybrid maupun mobil listrik murni. Dan lebih dari sepuluh mobil dipasarkan secara resmi di Indonesia, mulai dari Toyota, Nissan, BMW hingga Tesla Motors.

Inovasi mobil listrik ini belum berakhir, tahun ini diperkirakan akan datang belasan model lainnya dari berbagai brand. Kami merangkum beberapa di antaranya yang akan diluncurkan pada Februari 2021.

1. Audi e-tron GT

Sedan touring yang juga berbagi platform dengan Porsche Taycan dijadwalkan dirilis secara resmi pada Februari 2021. Tadinya, pabrikan menjadwalkan peluncurannya pada akhir tahun lalu. Sayangnya karena keteteran akibat pandemic Covid-19, akhirnya diundur hingga tahun ini. Tapi prototipe Audi e-tron GT sudah dites oleh beberapa media di Eropa.

Mobil listrik Audi terbaru ini ditunggu kehadirannya oleh publik. Dengan penggerak semua roda, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga 582 Hp. Audi mengatakan mobil listrik e-tron GT standar akan mencapai 60 mph dalam waktu sekitar 3,5 detik.

Sedangkan model RS yang lebih bertenaga akan jauh lebih cepat. Mesinnya akan menggunakan motor listrik dengan baterai berkapasitas 96 kWh dan menghasilkan tenaga 637 hp. Dengan bekal baterai full charge, Audi RS E-tron GT mampu menjelajah hingga 400 km.

Performa yang dihasilkan dari dua motor listrik tersebut dapat melesatkan Audi RS E-tron GT 0-100 km/jam dalam 3,5 detik dengan topspeed 240 km/jam. Adapun model Audi e-tron GT standar memiliki perkiraan jarak tempuh 249 mil pada siklus uji di Eropa. Namun, model RS kabarnya tidak akan dirilis pada 9 Februari, tapi akhir 2021.

"Versi produksi akan terlihat mirip dengan mobil konsep yang gambarnya sudah beredar,” kata Kepala Desain Audi, Marc Lichte. Menurut Lichte, interior mobil listrik sedan Audi e-tron GT sekitar 95 persen sama dengan beberapa model mobil Audi yang sudah dirilis. “Kita akan melihat tampilan yang sama seperti di dalam A8 dan A7," katanya.

Audi e-tron GT 2021 diperkirakan dibanderol seharga mulai dari 100 ribu dolar AS (sekitar Rp 1,4 miliar), dan mulai dijual di Amerika dalam beberapa bulan ke depan.

 

2 dari 7 halaman

2. Audi Q4 e-tron

Versi konsep dari Audi Q4 e-tron ini sudah dirilis pada Geneva Motor Show 2019 lalu. Produksinya baru dimulai pada 2021 dan merupakan kendaraan elektrik kelima yang diluncurkan oleh Audi. Desainnya mengambil dari DNA E-tron dan jika dilihat dari segmen akan berada di bawah Audi Q5. Ia sepertinya disiapkan pabrikan asal Jerman itu untuk menghadang Tesla Model Y.

Melihat dari gambar yang beredar, ia tidak menggunakan platform MQ yang biasa dipakai pada SUV e-tron. Audi Q4 menggunakan platform MED yang digunakan pada VW ID.D milik Volkswagen Group, sehingga diperkirakan ia akan menggunakan baterai dan penggerak yang sama. Q4 akan dibekali dengan motor listrik dengan penggerak AWD dan akan menghasilkan tenaga maksimal 302 hp dan four wheel drive. Baterai yang dipasang berkekuatan 82 kWh dan jarak jempuh maksimalnya diklaim bisa mencapai sekitar 450 km.

Setelah Audi Q4 e-tron diluncurkan, rencananya versi coupenya atau Audi Q4 e-tron Spoartback akan menyusul dirilis pada tahun depan.

 

3 dari 7 halaman

3. Lexus UX 300e

Indonesia termasuk beruntung karena Lexus sudah memasarkannya di Tanah Air. SUV listrik pertama keluaran Lexus ini akan dirilis di pasar Eropa pada Februari mendatang. Ia merupakan crossover listrik yang dibekali dengan motor listrik dengan baterai 54.3 kWh. Tenaga maksimalnya mencapai 201 hp dan daya tempuhnya dengan sekali full charge mencapai 315 km.

Di Indonesia unitnya telah tiba pada Desember 2020 lalu dengan banderol Rp 1,2 Miliar. Ia harus bersaing dengan SUV listrik lain yang juga dirilis di Indonesia salah satunya Hyundai Kona Electric.

Bicara tampilan, Lexus UX 300e memiliki desain eksterior yang identik dengan varian bermesin bensin. Untuk membedakan dengan varian mesin bensin, Lexus UX 300e dibekali logo Lexus dengan garis pinggir warna biru dan emblem bertuliskan 'electric' yang disematkan di kedua sisi bodi. Mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur exterior khas Lexus UX seperti signature Lexus spindle grille, 3-LED Projector Headlights, dan terobosan inovasi lampu belakang limitless line berbentuk horizontal.

Di bagian interior, ada Digital Optitron Tachometer dan Head-Up Display yang dapat menampilkan informasi berkendara seperti kecepatan dan daya baterai di kaca depan sisi pengemudi. Mobil ini juga sudah memakai Electronic Drive Selector Sistem multimedia yang telah dilengkapi dengan 13-speaker Mark Levinson Surround Sound System dan 10.3" Center Display. Perangkat multimedia telah dilengkapi dengan Apple CarPlay dan Android Auto penunjang berkendara.

Lexus UX 300e dibekali banyak fitur penunjang keselamatan, seperti 8 SRS airbags untuk keselamatan pengemudi dan penumpang, Blind Spot Monitor berupa indikator di kaca spion ketika ada objek di sudut yang tak terlihat, Panoramic View Monitor yang dapat memperlihatkan semua sisi Lexus UX 300e di layar depan dan All-Around Parking Sensors untuk mempermudah manuver saat parkir atau ketika menyusuri jalan sempit.

 

4 dari 7 halaman

4. Mazda MX-30

Pabrikan raksasa Jepang, Mazda, juga tak mau kalah. Mereka disebut-sebut akan memperkenalkan MX-30 EV. Ini adalah kendaraan listrik Mazda yang akan dirilis dan diproduksi pada tahun ini. Hanya saja untuk tahap awal ini ia dijual dalam jumlah terbatas. Melansir Carscoops, salah satu negara yang kebagian jatah pemasaran adalah Inggris. Di negeri Ratu Elizabeth II ini pun, jumlah Mazda MX-30 yang akan dipasarkan hanya 500 unit saja.

Ia akan dibekali motor listrik dengan baterai berkapasitas 35.5. Mesin tersebut menyemburkan tenaga 201 hp dan torsi 265 Nm. Meski sebuah SUV kompak berukuran sedang, ia hanya mampu membawa kita menjelajah hinga 170 km dengan kondisi sekali charger. Mazda mengatakan bahwa kisaran mengemudi SUV listrik pertama mereka lebih dari cukup untuk memuaskan pelanggannya. Di Eropa rata-rata berkendara sejauh 50 kilometer setiap hari. Dengan menggunakan pengisi daya cepat 50 kW, baterai dapat memperoleh kembali muatan 80 persen dalam 30 hingga 40 menit.

Untuk harga, Mazda MX-30 EV ditawarkan dengan harga mulai dari £ 26.995 Rp 502 juta hingga £ 30.495 setara Rp 567 juta, dengan subsidi lokal. Edisi Pertama dari Mazda MX-30 baru menawarkan pilihan antara warna tunggal Ceramic Metallic atau Polymetal Grey Metallic. Peralatan standar dari Mazda MX-30 First Edition tampilan head-up, kursi listrik pengemudi 8 arah, cruise control, Apple CarPlay dan Android Auto, serta pengisi daya rumah kotak dinding.

Indonesia sendiri kabarnya juga akan kebagian dipasarkan mobil listrik Mazda ini, namun schedule pastinya belum resmi dirilis. Mazda sendiri secara resmi didagangkan di Indonesia di bawah bendera PT Eurokars Motor Indonesia.

 

5 dari 7 halaman

5. Rivian R1T

Secara mengejutkan wujud dari R1T diperkenalkan pertama kali di Los Angeles Auto Show 2018. Rivian adalah start up asal Amerika yang baru didirikan pada 2009 silam. Ia akan segera menyiapkan R1T -- plus SUV Rivian R1S -- ke jalur produksi pada tahun ini. Saingan terberatnya akan datang dari brand senegaranya Tesla.

R1T adalah sebuah pick-up dengan ditenagai motor listrik. Kabarnya mesin yang digendongnya mampu menghasilkan tenaga hingga 745hp. Mobil ini dilengkapi dengan fungsi towing berkapasitas 11.000 lbs atau sekitar 24,44 ton. Selain itu, truk mini ini juga mampu berakselerasi 0-100 km/jam kurang dari tiga detik, edan! Dengan demikian ini adalah saingan tunggal dari Tesla Cybertruk yang kontroversial itu.

Pikap listrik Rivian R1T dibanderol dengan harga mulai dari 75.000 dolar Amerika Serikat, adalah SUV Rivian R1S dibanderol dengan harga mulai dari 77.500 dolar AS.

Rivian, yang didukung oleh Amazon.com Inc dan Ford Motor, mengatakan pengiriman R1T ke konsumen di pasar AS akan dimulai pada Juni 2021, sedangkan pengiriman R1S akan dimulai pada Agustus 2020. Saat ini, perusahaan rintisan tersebut tengah membangun van EV yang digunakan untuk pengiriman perusahaan Amazon yang telah memesan 100.000 van sejak awal. Sementara Ford menginvestasikan dana sekitar 500 juta dolar AS pada bulan April dengan rencana untuk menggunakan platform EV Rivian untuk membangun kendaraan baru di Amerika Utara.

6 dari 7 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: