Sukses

Pengguna Motor Wajib Tahu, Ini Ban yang Cocok Saat Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta - Ban menjadi salah satu komponen di motor yang cukup penting. Sebagai satu-satunya bagian yang bersentuhan langsung dengan jalan, kulit bundar ini menjadi penentu kenyamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Begitu juga saat musim hujan, penggunaan ban juga cukup penting. Sebagian besar kalangan cuman memperhatikan kondisi ban motor apakah sudah halus dan waktunya ganti atau belum. Namun, salah satu kejadian yang perlu diperhatikan pula agar dapat berkendara dengan nyaman dan tetap aman yakni curah hujan.

Penggunaan ban yang tidak tepat bisa menjadikan kendaraan mudah selip, terlebih ketika berada pada tikungan dan kendaraan berbelok dengan kecepatan yang cukup tinggi. Berikut, beberapa tips pemilihan ban motor saat musim hujan paling tepat seperti dilansir laman resmi Federal Oil:

1. Gunakan Ban Berteknologi Silica

Ban yang berteknologi Silica ini telah diklaim mampu membuat ban memiliki daya cengkeraman lebih baik terhadap permukaan jalan.

Dengan demikian, pengendara bisa melaju dengan aman dan terhindar dari slip saat berada di tikungan meski kondisi jalan tengah basah karena hujan sekalipun.

Tidak cuman itu saja, manfaat dari penggunaan teknologi Silica pada ban, bisa menjadikan ban motor 80% lebih awet jika dibandingkan dengan pemakaian ban dengan teknologi biasa.

2 dari 5 halaman

2.Pakai Ban Kembangan atau Motif Rapat

Penggunaan ban yang minim motif memang akan mendapatkan kecepatan lebih baik dalam kondisi jalanan yang baik juga (rata dan kering/panas), akan tetapi ketika kondisi jalanan basah jelas akan terjadi hal sebaliknya.

Ketika musim hujan, sebaiknya pasang kendaraan motor anda dengan ban yang masih memiliki kembangan cukup dalam dan motif rapat.

Sekedar untuk diketahui bahwasanya motif pada ban memiliki fungsi untuk memecah air dengan sempurna ketika ban digunakan untuk melewati genangan air.

Dengan demikian, untuk kendali kendaraan bisa dilakukan dengan baik dan stabil, asalkan genangan air yang dilewati juga memiliki aliran yang tidak begitu deras. Namun kalau aliran air cukup deras, sebaiknya hindari untuk menerjang. Sebab, bisa saja motor terguling dan terbawa arus.

 

3 dari 5 halaman

3. Pakai Ban Standar

Jika tidak ingin ribet, maka jangan ganti ban secara sembarangan, gunakan pengaturan pabrik saja. Dimana rata-rata pabrik ban di Indonesia sudah menyesuaikan dengan kondisi jalanan di Tanah Air, saat musim panas ataupun hujan untuk berkendara dengan baik.

Pabrik ban di Indonesia akan menggunakan pengaturan ban yang cocok digunakan dalam kondisi basah ataupun kering, sehingga anda tidak perlu menggonta-ganti ban per musimnya.

Yang penting untuk diperhatikan yakni tingkat kedalaman kembangan yang ada pada ban, kalau sudah tipis maka sangat disarankan untuk mengganti agar performa kendaraan tetap baik di segala medan.

4 dari 5 halaman

Infografis Penindakan Tegas Pelanggar PSBB

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: