Sukses

Mendeteksi Kerusakan Kaki-Kaki dari Bunyi

Liputan6.com, Jakarta - Selain mesin, salah satu bagian lain dari mobil yang harus mendapat perhatian ialah kaki-kaki. Bagian ini memiliki peran penting karena menopang dan menjaga kestabilan kendaraan. 

Jika terdapat masalah, maka kenyamanan berkendara juga akan terganggu. Tak hanya itu, tak jarang kerusakan yang terjadi bisa menimbulkan bunyi aneh yang mengganggu saat mobil sedang dikendarai.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat mendeteksi kerusakan kaki-kaki mobil dengan mengenali bunyi aneh dari kendaraan dan melakukan perbaikan pada komponen tersebut. Agar lebih jelas, berikut ulasannya dilansir Garda Oto, Jumat (17/12/2020).

Bunyi pada ball joint

Apabila bunyi kletek-kletek terdengar saat sedang belok, Anda bisa segera memeriksa bagian ball joint atau as roda. Hal ini umumnya disebabkan tak sehatnya bagian ball joint mobil.

Bunyi di tie rod

Tie rod merupakan komponen yang meneruskan pergerakan dari setir menuju area ban. Area ini bertugas sebagai pengikat roda dan juga sebagai penerus gaya belok dari kemudi sehingga mobil dapat berjalan dengan baik saat Anda melakukan perjalanan.

Kerusakan pada komponen ini bisa membuat setir mobil terasa kosong dan gerak kemudi di ruang setir sulit untuk dikendalikan.

Selain itu, kerusakan di area ini juga bisa menimbulkan bunyi klutuk-klutuk pada saat kita sedang menyetir mobil.

2 dari 4 halaman

Bunyi gemuruh pada bearing

Selanjutnya kerusakan pada kaki-kaki mobil yang bisa di deteksi ialah bagian bearing.

Jika bagian ini rusak, maka ban depan pada mobil bisa mengeluarkan bunyi dengungan yang sangat mengganggu. Bunyi yang dikeluarkan pun bisa seperti suara logam.

Untuk mengatasi masalah kaki-kaki, Anda bisa mendongkrak mobil hingga roda mobil tergantung. Setelah itu, putar roda mobil sekencang mungkin.

Jika terdengar suara gemuruh, artinya bearing mobil harus segera diganti dengan yang baru.

3 dari 4 halaman

Infografis Tips Libur Panjang Bebas Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: