Sukses

Kalah Pamor, Yamaha R6 Tidak Akan Dijual Bebas

Yamaha dikabarkan akan menyuntik mati salah satu moge andalannya, yaitu Yamaha R6. Rencana ini akan terlaksana pada tahun depan. Selain terbentur masalah emisi Euro5, motor ini juga kalah pamor dengan moge 1.000cc.

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha dikabarkan akan menyuntik mati salah satu moge andalannya, yaitu Yamaha R6. Rencana ini akan terlaksana pada tahun depan. Selain terbentur masalah emisi Euro5, motor ini juga kalah pamor dengan moge 1.000cc.

Seperti diberitakan Visordown, Yamaha R6 tidak sepenuhnya mati karena akan tetap dijual sebagai model khusus untuk trek balap yang tidak memerlukan homologasi.

Yamaha akan fokus untuk menyediakan motor balap Yamaha R6 RACE. Motor ini akan siap menemani peserta track day hingga kejuaraan nasional.

Tak hanya itu saja, Yamaha juga menyediakan aksesori GYTT (Genuine Yamaha Technology Racing). Sehingga pengguna Yamaha R6 RACE memiliki pengalaman lebih saat di lintasan. Yamaha R6 dan aksesori GYTR akan tersedia mulai Januari 2021.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Yayama R6, Penantang Serius Yamaha R6

Pabrikan Tiongkok punya reputasi buruk dalam industri otomotif dunia. Mereka dikenal sebagai peniru pabrikan lain, baik dalam hal desain kendaraan bahkan hingga namanya.

Bagi kita, orang di luar China, produk-produk ini adalah hal yang konyol. Secara desain, ada model yang sama persis, tidak kurang satu apapun, dengan model dari pabrikan lain yang jauh lebih populer. Namun secara kualitas begitu buruk.

Ada pula yang tidak meniru secara utuh, namun kita tahu betul bahwa model tersebut meniru model yang sudah ada sebelumnya.

Meski melanggar, namun jangan harap pabrikan penjiplak itu mendapat hukuman. Pasalnya, pemerintah Tiongkok sangat berpihak pada mereka, apapun yang dilakukan. Ditambah, di sana tidak ada regulasi khusus yang mengatur soal kekayaan intelektual.

Beberapa kasus mengkonfirmasi itu. Jaguar Land Rover misalnya, pada 2015 lalu pernah menuntut pabrikan lokal bernama Jiangling Motors karena menjiplak Evoque melalui model yang dinamakan Landwind X7. Gugatan tersebut gagal, Landwind masih dijual bebas.

Lantas sebetulnya seberapa mirip model-model hasil jiplakan itu? Sebagai gambaran, berikut kami lampirkan lima sepeda motor yang meniru model global lain.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.