Sukses

Tips Ampuh Menyulap Mika Lampu Kusam Jadi Kinclong Lagi

Selain usia pemakaian, mika lampu yang buram juga disebabkan karena roda dua sering diparkir di tempat yang terik

Liputan6.com, Jakarta - Seiring usia pemakaian, banyak komponen motor yang pasti mengalami penurunan kualitas atau performa, termasuk mika lampu. Padahal, bagian ini sangat penting, karena jika buram, maka pencahayaan jadi tidak maksimal.

Selain usia pemakaian, mika lampu yang buram juga disebabkan karena motor sering diparkir di tempat yang terik. Maka dari itu, komponen ini butuh perawatan.

Tapi, jika mika lampu sudah terlanjur kusam, ada beberapa tips yang bisa dilakukan seperti dilansir laman Federal Oil:

Langkah pertama, bersihkan mika lampu dalam keadaan kering, kemudian amplas atau sanding menggunakan mesin yang bertujuan untuk mengikis atau mencerahkan lagi lapisan mika lampu yang sudah kusam.

Mika lampu masih bisa dipoles selama kondisinya masih utuh dan belum ada tanda dan gejala keretakan atau sudah getas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sanding

Proses sanding pertama untuk menghilangkan bercak jamur dan kotoran. Kedua untuk menghilangkan goresan dalam, lalu terakhir finishing supaya mika terasa halus kembali.

Saat proses sanding sudah selesai, berikutnya mika lampu dipoles pakai cairan kompon agar kembali terlihat bening seperti baru.

3 dari 4 halaman

Coating

Supaya tidak kembali menguning dalam waktu dekat, mika lampu dilapisi lagi dengan memakai cairan coating.

Cara tersebut bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke bengkel, namun jika pemilik tidak memiliki banyak waktu, bisa menggunakan jasa untuk membersihkan mika lampu motor.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Virus Corona Berbahaya Vs DBD Mematikan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.