Sukses

Wajib Ada di Mobil, Ketahui Fungsi Dongkrak Sesuai Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta - Dongkrak menjadi peralatan yang wajib tersedia di mobil. Peralatan yang umumnya digunakan sebagai alat bantu dalam penggantian ban ini terdiri dari beragam jenis.

Saat ini tersedia enam jenis dongkrak yang bisa digunakan seperti dongkrak gunting, dongkrak botol dan dongkrak buaya.

Memiliki kelebihan dan kekurangan, ayo ketahui dengan jelas fungsi dongkrak sesuai jenisnya seperti dilansir Garda Oto.

1. Dongkrak Gunting atau Dongkrak Ketupat

Memiliki kinerja mirip gunting, dongkrak gunting atau dongkrak ketupat karena berbentuk belah ketupat bisa digunakan dengan memutar poros ulir yang terletak di salah satu sisinya.

Dongkrak ini juga mudah disimpan dan mudah dibawa karena bentuknya yang pipih.

2. Dongkrak Botol

Dongkrak botol menjadi salah satu jenis dongkrak yang banyak digunakan pemilik kendaraan selain dongkrak gunting. Seperti namanya, dongkrak ini terlihat seperti botol.

Cara kerja juga cukup mudah, yakni dengan dipompa. Kelebihan lain dari dongkrak ini ialah mudah disimpan dan dibawa karena ukurannya yang tak terlalu besar.

2 dari 3 halaman

3. Dongkrak Buaya

Dongkrak buaya adalah dongkrak dengan sistem hidrolik yang bentuknya runcing dan memanjang seperti mulut buaya.

4. Dongkrak Penyangga

Dongkrak penyangga adalah dongkrak yang sering digunakan bengkel untuk mengangkat sepeda motor.

Berbentuk kotak, terdapat pengungkit di salah satu sisinya. Selain mudah digunakan, dongkrak ini juga juga mudah dibawa dan disimpan.

 

3 dari 3 halaman

5. Dongkrak Kereta

Dongkrak kereta sering digunakan untuk mengangkat mobil off-road karena memiliki bobot lebih besar dari mobil penumpang pada umumnya. Dongkrak ini banyak dipilih karena memiliki kapasitas angkat beban hingga 20 ton.

Dengan kapasitas angkat beban sebesar itu, sangat wajar jika dongkrak jenis ini banyak dipilih untuk mengangkat mobil off-road.

6. Dongkrak Gabungan Antara Botol dan Buaya

Dongkrak botol buaya merupakan perpaduan antara dua jenis dongkrak. Meski mampu mengangkat beban yang besar, dongkrak ini juga memiliki kelemahan atau kekurangan karena terlalu berat dan sulit untuk digeser.

Dongkrak jenis ini memiliki kapasitas angkat beban mulai dari 20 hingga 50 ton.