Sukses

Sering Terlupakan, Berikut 3 Peran Penting Lampu Sein pada Kendaraan

Liputan6.com, Jakarta - Pada kendaraan bermotor terdapat beberapa jenis lampu dengan fungsi berbeda, selain lampu utama dan belakang, motor dan mobil juga dibekali lampu sein di sisi kanan serta kiri.

Lebih kecil dibandingkan lampu depan dan belakang, masih banyak yang abai akan fungsi sein. Tak jarang pengguna motor enggan menggunakannya. Padahal, fungsi lampu sein sangatlah penting dan bisa menyebabkan kecelakaan apabila tak digunakan dengan baik.

Lalu apa kegunaan dan peran penting lampu sein? Pada artikel berikut, Wahana Honda memberikan informasi terkait hal tersebut.

1. Indikator motor akan berbelok

Keberadaan lampu sein yang terletak di samping kiri dan kanan, berguna sebagai indikator motor yang dikendarai akan berbelok sesuai arah lampu menyala.

Namun seringkali ditemui, orang justru menyalakan lampu sein ke arah kanan dan berbelok ke arah kiri, ataupun sebaliknya. Meskipun sepele, hal ini cukup meresahkan pengendara lainnya.

Selain karena tidak sesuai dengan aturan, menyalakan lampu sein yang berbeda dengan arah berbelok juga sangat berbahaya.

2 dari 5 halaman

2. Mengurangi risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas

Peran penting lampu sein selanjutnya adalah mengurangi tingkat risiko terjadinya kecelakaan. Coba bayangkan jika semua motor tidak dibekali lampu sein. Sehingga orang-orang tidak tahu kemana arah motor di depannya.

Kondisi jalanan dan lalu lintas tentu akan kacau. Untuk itu, keberadaan lampu sein bisa dibilang cukup krusial. Meskipun banyak orang yang menyepelekan eksistensinya.

 

3 dari 5 halaman

3. Sebagai tanda pindah jalur

Saat melewati jalan yang memiliki dua jalur atau lebih, maka penting untuk menyalakan lampu sein saat berpindah jalur. Dengan demikian, pengemudi lain akan tahu dan mengantisipasinya.

Itulah beberapa peran penting lampu sein untuk keselamatan pengendara motor di jalan raya. Setelah mengetahui fungsinya, jangan lupa selalu menggunakan lampu sein saat hendak berbelok dan matikan setelah menggunakannya.

4 dari 5 halaman

Infografis 7 Cara Aman Naik Transportasi Publik Saat Pandemi

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: