Sukses

3 Cara Aman Melibas Polisi Tidur Pakai Skutik

Liputan6.com, Jakarta - Berkendara skutik ternyata tidak hanya bermodalkan gas dan rem saja. Ada beberapa tips dan trik, saat pengendara melewati sebuah jalan, agar lebih terasa aman dan nyaman.

Salah satu yang harus diperhatikan, adalah saat melewati polisi tidur.

Melansir laman resmi Wahana Honda, banyak orang yang berpikir jika polisi tidur bukanlah halangan berarti. Tapi, banyak juga yang menghindari jalan yang banyak polisi tidurnya karena tidak terlalu ahli dalam mengendarai motor.

Berikut, cara tepat melewati polisi tidur dengan motor matik:

1) Berkendaralah dengan kecepatan standar

Saat akan melewati jalanan yang mengandung polisi tidur. Pastikan bahwa diri Anda tetap tenang dan berkendaralah dengan kecepatan seperti biasanya. Jangan terlalu cepat juga jangan terlalu lambat.

Setelah hampir mencapai lokasi polisi tidur, perlahan mulailah tarik tuas rem namun jangan sampai membuat kendaraan Anda tersebut berhenti total. Tujuan dari melakukan pengereman beberapa meter sebelum melewati polisi tidur ini adalah mengurangi kecepatan berkendara secara berkala.

Selain itu, motor yang bergerak pelan ke arah polisi tidur juga tidak akan mengalami benturan keras saat melewatinya. Hal ini tentu akan sangat baik bagi kondisi komponen motor yang lain.

Pasalnya, seringkali orang melewati polisi tidur tanpa mengurangi kecepatan skutik mereka. Alhasil, benturan yang terjadi antara polisi tidur dengan ban motor pun akan sangat keras. Selain dapat menyebabkan kerusakan pada bagian suspensi juga dapat memicu efek domino pada komponen lain jika hal ini dilakukan terus menerus.

2 dari 5 halaman

2) Semakin tinggi polisi tidur, semakin pelan kecepatan yang disarankan

Keberadaan polisi tidur kerap kali menyebabkan jatuhnya pengendara dengan kecepatan tinggi. Nah, jika Anda sudah mengetahui di depan mata terdapat polisi tidur yang cukup tinggi. Maka kurangilah kecepatan berkendara Anda sejak awal.

Nah, setelah ban depan motor berhasil melewati polisi tidur tersebut. Barulah Anda bisa menarik gas kembali seperti semula. Hal ini perlu dilakukan agar motor tidak berhenti total setelah berhasil melewati polisi tidur.

3) Carilah titik yang rata, jika menemukan polisi tidur kecil dan berjajar

Saat menemukan polisi tidur yang berjajar 2-3 buah. Nah, jika melewati jalanan dengan polisi tidur seperti ini. Pastikan Anda mencari titik polisi tidur yang memiliki tinggi sama rata. Dari jauh, Anda bisa melihatnya dan memperkirakan titik mana yang bisa dilewati dengan mudah.

Kondisi polisi tidur yang tidak rata atau tinggi sebelah, tentu akan sangat menyulitkan pengendara saat melewatinya. Selain itu juga dapat menyebabkan terjadinya benturan yang tidak diinginkan.

 

3 dari 5 halaman

4) Tetap tenang saat melewati polisi tidur yang tak terlihat

Jika berkendara di jalanan yang gelap dan tidak sadar melewati jalanan berpolisi tidur, sehingga belum sempat menurunkan kecepatan. Tak perlu khawatir, yang perlu Anda lakukan adalah mengontrol diri Anda agar tetap tenang dan memegang kendali stang motor sepenuhnya agar tidak jatuh.

4 dari 5 halaman

Infografis Heboh Penumpang Pesawat Membeludak

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: