Sukses

Jangan Lupa Bersihkan Lima Komponen Ini Setelah Motor Menerjang Genangan Air

Jelang memasuki musim penghujan, pemilik kendaraan wajib memperhatikan kondisi motor sebelum digunakan berkendara. Hal ini berkaitan erat dengan kondisi jalanan yang licin, sehingga lebih berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang memasuki musim penghujan, pemilik kendaraan wajib memperhatikan kondisi motor sebelum digunakan berkendara. Hal ini berkaitan erat dengan kondisi jalanan yang licin, sehingga lebih berbahaya.

Selain itu, genangan air akibat hujan juga bisa membuat kondisi kendaraan menjadi tidak optimal ketika digunakan. Karenanya, membersihkan atau mencuci motor setelah melewati genangan air atau lumpur harus segera dilakukan.

Terdapat sedikitnya lima komponen yang wajib dibersihkan, berikut ulasannya seperti dilansir Federal Oil, Rabu (16/9/2020).

1. Rem

Mengingat letak rem yang berada di sekitar roda, pemilik kendaraan wajib memperhatikan dan membersihkan komponen ini. Kinerja rem bisa saja menurun atau menimbulkan bunyi apabila terdapat lumpur di dalamnya.

Untuk itu, pastikan kendaraan selalu dibersihkan setelah melewati jalan berlumpur atau genangan air. Mudah, pemilik kendaraan hanya perlu membilas dan bersihkan seluruh bagian rem.

2. Blok Mesin

Lumpur yang terdapat di bagian mesin juga bisa membuatnya bekerja kurang optimal. Hal ini dikarenakan, mesin harus melepaskan panas dari dalam saat digunakan.

Jika bagian mesin terkena cipratan lumpur atau tertutup seluruhnya, tentu pelepasan panas tidak akan berjalan normal dan dapat menghambat kinerja motor.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Gir dan Rantai

Motor yang sering kehujanan memiliki peluang lebih besar mengalami kerusakan pada bagian rantai dan girnya. Biasanya, rantai dan gir akan cepat kering atau bahkan karatan.

Hal yang sama juga berlaku apabila rantai motor terselimuti oleh lumpur. Karena itu, membersihkan komponen ini setelah digunakan saat hujan wajib dilakukan.

4.Tutup busi

Meskipun kecil, busi memiliki fungsi sangat penting pada kendaraan, yakni menghantarkan pengapian bahan bakar ke dalam mesin.

Karena itu, apabila tutup busi rusak karena air hujan atau lumpur, proses pengapian akan terhambat dan membuat motor mogok saat dikendarai.

5. Suspensi

Suspensi pada motor juga rentan terhadap air hujan dan lumpur. Suspensi yang dibiarkan kotor biasanya akan mengeluarkan suara berdecit ketika digunakan berkendara.

Selain itu, suspensi yang dibalut oleh minyak pelumas juga akan lebih cepat kering apabila terkena air hujan. Karena itu, komponen ini bisa saja tak berfungsi secara optimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini