Sukses

Lampu LED Banyak Digunakan di Mobil Baru, Apa Keunggulannya?

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi salah satu komponen yang banyak digunakan saat ini, lampu LED merupakan singkatan dari Light Emiting Diode atau dioda yang memancarkan cahaya.

Membedakan lampu LED dengan bohlam biasa sangatlah mudah, yakni dengan memperhatikan cara lampu menyala dan mati. Bila lampu bisa nyala dan mati dalam sekejap, bisa dipastikan itu merupakan LED.

Sedangkan untuk bohlam biasa, saat dinyalakan dan dimatikan, lampu memerlukan waktu untuk terlihat menerang atau meredup secara gradual.

Memiliki beragam keunggulan, lampu LED banyak disematkan pada mobil terbaru saat ini. Untuk lebih jelasnya, berikut lima keunggulan lampu LED seperti dilansir Hyundai Indonesia.

1. Hemat Daya

LED dikenal sebagai sumber cahaya yang hemat daya. Tak hanya untuk mobil, lampu LED juga banyak digunakan untuk kehidupan sehari-hari karena memakan daya yang jauh lebih sedikit.

 

2 dari 5 halaman

2. Tahan Lama

Hal kedua ialah, daya tahan lampu LED lebih lama dibandingkan dengan bohlam halogen biasa. Jika rata-rata usia bohlam halogen berada di 1.000 jam, LED bisa bertahan hingga 15.000 jam.

Dengan kata lain, lampu LED memiliki usia hingga belasan tahun atau bahkan lebih.

3. Daya Pandang Lebih Baik

Lampu LED memberikan daya pandang yang lebih baik dari bohlam halogen biasa. Meski cahayanya sangat terang, lampu ini tidak menyilaukan pengendara di arah berlawanan.

 

3 dari 5 halaman

4. Keselamatan

Lampu LED langsung mencapai keterangan maksimal secara instan. Dengan begitu, jika kita melakukan pengereman, maka pengemudi di belakang bisa bereaksi lebih cepat karena lampu belakang langsung memancarkan cahaya maksimal.

5. Tampilan

Lampu LED memberikan tampilan modern yang sangat kuat. Memiliki cahaya warna putih dan biru, LED terlihat mengikuti tren dibandingkan halogen kekuningan yang mulai memudar popularitasnya.

 

4 dari 5 halaman

Infografis Gebrakan Denda Tidak Pakai Masker

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: