Sukses

Hati-Hati, Cuaca Panas Juga Bisa Merusak Motor

Liputan6.com, Jakarta - Saat kondisi cuaca panas, bahkan dengan suhu lebih dari 30 derajat, tidak hanya membuat orang menjadi tidak nyaman saat beraktifitas di luar. Terlebih, saat berkendara di cuaca yang panas, juga bisa membuat tubuh lebih cepat berkeringat.

Namun, tidak hanya berdampak di tumbuh seseorang, cuaca panas juga bisa membuat motor lebih cepat rusak.

melansir laman resmi Federal Oil, ada beberapa komponen motor, yang memang akan lebih cepat rusak jika terlalu sering terkena sinar matahari langsung, tidak mendapatkan perawatan yang baik dan benar:

1. Cat Bodi

Jika sering terkena panas matahari, cat bodi motor akan cepat kusam dan lama kelamaan warnaya menjadi pudar. Oleh karena itu, parkir motor di tempat yang teduh atau di dalam ruangan.

Jika terpaksa harus parkir di luar usahakan memakai cover khusus untuk motor yang saat ini sudah banyak dijual.

2. Ban

Selain cat, komponen lain yang cepat rusak jika sering terkena panas matahari adalah ban, karena akan mudah getas atau pecah-pecah.

2 dari 3 halaman

3. Rantai

Rantai motor juga bisa cepat rusak jika sering terkan panas matahari, karena pelumas pada rantai jadi lebih cepat kering. Jika pelumas rantai kering, komponen penggerak roda itu tak mampu bekerja optimal dan menghasilkan bebunyian yang kasar.

Sebaiknya, jika motor sering parkir di luar ruangan, selalu gunakan pelumas rantai yang sesuai atau yang direkomendasikan untuk rantai, supaya rantai juga tidak cepat rusak.

4. Kulit Jok

Kulit jok yang terbuat dari bahan sintetis jika dibiarkan terus menerus terkena paparan sinar matahari secara langsung, akan cepat rusak, terutama warnanya akan pudar dan mudah robek.

Disarankan jika parkir di luar dan tidak memiliki sarung atau cover khusus motor, tutupi bagian jok motor menggunakan penutup seperti kardus atau yang lainnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: