Sukses

5 Mesin Mobil Ini Jadi Incaran Modifikator Motor Ekstrem

Modifikator selalu memiliki beragam cara untuk memenuhi hasrat motor impiannya. Jika bosan dengan performa mesin sepeda motor, maka opsi lain yang dipilih adalah mesin mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Modifikator selalu memiliki beragam cara untuk memenuhi hasrat motor impiannya. Jika bosan dengan performa mesin sepeda motor, maka opsi lain yang dipilih adalah mesin mobil.

Yap, mesin mobil dipasang pada bodi sepeda motor. Hal ini bukan tanpa alasan. Jika dihitung-hitung biaya modifikasi menambah jumlah silinder mesin motor termasuk merubah rangka motor hingga jadi malah bisa seharga moge 400cc.

Terus kenapa masih banyak yang memodifikasi mesin? Padahal mungkin lebih simpel membeli moge 400cc dan udah bawaan pabrik? “Hal ini beda dan nggak bisa di bandingkan dengan apapun. Ada kepuasaan tersendiri,” kata Gunawan Teja Sukmana, builder asal Majalengka kepada Motovaganza.

Cara seperti ini menurut Gunawan memang gampang-gampang susah. Pemilihan jenis mesin tersebut karena pada bagian mesin dan gearboxnya terpisah. Idealnya banyak modifikator yang menggunakan gearbox motor Inggris seperti BSA, Matchles, atau AJS. Namun ada juga yang menggunakan gearbok mesin motor Jepang seperti yang pernah dilakukan Kang Gunawan pada motor rakitannya yang berbasis mesin Mazda B600 menggunakan gearbox kepunyaan Binter Merzy.

“Berburu mesin-mesin tersebut memang bukan perkara mudah, tapi disitulah sensasi yang tak akan pernah terbayarkan apapun apalagi jika sudah sampai jadi motor sampai rapih,” kata Gunawan yang juga sebagai Pegawai Pemda di Majalengka ini.

Nah, berikut 5 mesin mobil yang jadi incaran pada modifikator sepeda motor:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mazda B600

Mesin mobil lansiran Mazda tahun 1969 tipe B600 ini paling banyak diburu karena kontruksi mesinnya mirip Harley Davidson jenis Ironhead. Dengan kapasitas mesin 600cc V-Twin yang sudutnya lebih renggang dari mesin H-D membuat suara langkah mesinnya 11-12 mirip dan menjadikannya favorit untuk dijadikan motor.

3 dari 6 halaman

2. Hijet Wide 55

Mesin keluaran Mobil Daihatsu tahun 1979-1982 ini berkapasitas 550cc 2 silinder segaris dan dibekali pendingin cairan alias radiator. Meskipun 2 silinder segaris, suara sangat mirip BSA A7.

4 dari 6 halaman

3. Honda Life 55

Mesin ini karakternya sama dengan mesi keluaran Daihatsu. Honda Life sendiri diproduksi mulai tahun 1971-1974 mesinnya berkapasitas 550 cc dua silinder segaris berpendingin cairan.

5 dari 6 halaman

4. Toyopet Publica Boxer

Mesin Boxer 2 silinder dari keluaran Mobil Toyota ini juga menjadi favorit di kalangan pemburu mesin klasik. Pasalnya mesin Toyota Publica lansiran tahun 1960-an ini berkonfigurasi flat twin seperti motor BMW R47 atau sejenisnya.

6 dari 6 halaman

5. Citroen 2CV Boxer

Mesin mobil Citroen 2CV ini juga mirip dengan Toyota Publica 2 silinder flat twin atau mirip juga dengan mesin BMW boxer berpendingin udara.

Sumber: Motovaganza.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.