Sukses

Kerap Terlupakan, Komponen Ini Punya Peranan Penting

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu komponen yang jarang menjadi perhatian pemilik motor adalah karet di tutup tangki bensin. Padahal, bagian tersebut memiliki fungsi yang cukup penting.

Melansir laman resmi Federal Oil, fungsi karet di tutup tangki bensin untuk merapatkan agar bensin tidak luber atau merembes ke luar tangki.

Jika tidak ada seal karet maka saat terjadi guncangan, bensin akan rembes hingga ke luar bagian tangki. Seperti komponen motor yang ada masa pakainya, seal karet ini juga demikian karena sering terpapar bahan bakar.

Pada umumnya, usia seal karet juga tergantung dari bahan apa yang digunakan dan volume bensin yang ada di tangki. Sementara itu, bahan yang bagus adalah PolyUrethane (PU) yang memang sangat tahan dengan bahan bakar.

Maka dari itu, jika pemilik kendaraan sudah menemukan gejala seperti diatas (bensin luber), sebaiknya segeralah ganti seal karet pada penutup tangki bensin.

Komponen karet di tangki bensin sendiri bisa dengan mudah didapatkan, mulai dari bengkel motor, toko aksesori, dan juga toko daring.

2 dari 4 halaman

Tips Jitu Mencegah Hewan Bersarang di Sepeda Motor

Terkadang, motor yang diparkir di rumah atau garasi dan terlebih dalam jangka waktu lama sering menjadi sarang hewan kecil, seperti tikus dan kecoa. Jika sudah begitu, pemilik pasti akan merasa kesal karena sepeda motor kesayangan pasti akan kotor.

Parahnya lagi, tidak hanya kotor, namun hewan yang bersarang di kendaraan bisa merusak beberapa komponen, seperti kabel putus karena digigit oleh tikus.

Nah, untuk mencegah motor kesayangan menjadi sarang hewan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, seperti disitat dari laman resmi Federal Oil berikut ini:

1) Rajin Mencuci

Buat pemilik sepeda motor, jangan malas mencuci kendaraan kesayangannya. Pasalnya, jika motor bersih, dapat menghindari hewan bersarang dan ketika mencuci motor juga rajin mengecek hingga ke sela-sela bagian yang tidak terlihat.

2) Berikan Minyak Telon di Bagian Tertentu

Ternyata manfaat minyak telon tidak hanya untuk manusia saja, tapi juga motor. Ternyata, hewan seperti tikus tidak menyukai aroma yang dihasilkan minyak telon.

Pemilik juga bisa mencoba minyak lain, tapi yang aromanya menyengat juga, seperti minyak kayu putih.

 

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

3) Memberikan Kamper di Motor

Aroma yang ditimbulkan oleh kamper juga salah satu yang tidak disukai oleh tikus. Kamper ini bisa diletakkan di bawah jok.

Selain tikus, kecoa juga tidak menyukai bau kamper.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: