Sukses

Cara Mudah Merawat Ban Agar Tak Cepat Botak

Menjadi satu-satu komponen yang bersentuhan langsung dengan jalan, pemilik kendaraan wajib melakukan perawatan pada ban agar tak mudah botak.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi satu-satu komponen yang bersentuhan langsung dengan jalan, pemilik kendaraan wajib melakukan perawatan pada ban agar tak cepat botak.

Selain perawatan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pengendara, seperti lokasi parkir kendaraan dan kapasitas muatan. Berikut cara mudah merawat ban motor, seperti dilansir Federal Oil, Selasa (2/6/2020).

Rutin Membersihkan Ban

Membersihkan ban harus dilakukan secara rutin karena kotoran yang menempel bisa menyebabkan kebocoran atau pecah. Saat membersihkan, gunakan sikat dan basahi lebih dulu ban dengan air sabun.

Rutin Cek Tekanan Angin

Memeriksa tekanan angin secara rutin penting dilakukan. Jika kondisi ban kempes, segera tambah angin ban, dan jangan paksakan mengendarai motor. Hal ini bisa menyebabkan ban mudah bocor, cepat botak dan retak.

Selain itu jangan memberi tekanan angin terlalu tinggi. Karena itu, saat pengisian angin sebaiknya cek dulu tekanan yang sesuai dengan jenis kendaraan dan ban.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Berlebihan Muatan

Dalam mengangkut muatan sebaiknya sesuaikan dengan kapasitas kendaraan. Jika mengangkut muatan melebihi kapasitas yang telah ditentukan, ban akan cepat botak dan mudah pecah atau retak.

Hindari Parkir di Bawah Matahari

Sewaktu memarkirkan motor sebaiknya cari tempat yang teduh. Tekanan angin ban bisa meningkat karena pemuaian udara akibat terkena panas apabila parkir di bawah sinar matahari. Hal ini berisiko membuat ban mudah botak dan pecah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.