Sukses

Begini Cara Mencuci Mobil yang Benar untuk Cegah Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga agar mobil tetap bersih menjadi hal yang wajib di tengah pandemi Corona Covid-19. Jadi, mencuci mobil dengan benar bisa jadi pilihan yang tepat bagi pemilik kendaraan untuk saat ini.

Namun, di tengah kondisi seperti sekarang ini, sebaiknya cuci mobil dengan benar, agar tidak membawa kuman atau virus setelah digunakan. Berikut, cara mencuci mobil dengan benar dilansir laman resmi Suzuki Indonesia:

Pastikan Menggunakan APD

Saat ingin melakukan kegiatan apupun di tengah wabah Covid-19, hal utama yang perlu dilakukan adalah menggunakan alat yang dapat melindungi diri. Alat-alat ini berupa masker wajah maupun sarung tangan.

Saat ini, sudah banyak pilihan masker yang dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Baik itu masker kesehatan maupun masker kain yang sesuai dengan anjuran dari dunia medis.

Sedangkan sarung tangan, dapat menggunakan jenis sekali pakai dengan bahan karet atau plastik. Kedua alat ini akan membantu terhindar dari virus ataupun kuman yang menempel di area mobil.

Jika tidak menggunakan sarung tangan, maka pastikan mencuci tangan setelah selesai.

Semprot mobil dengan air mengalir

Air mengalir yang digunakan untuk menyemprot mobil dapat digunakan untuk mengangkat debu, noda membandel, bahkan lumpur yang menempel.

Semprotkan air ke seluruh bodi dan bagian bawah mobil dengan tekanan air yang lebih tinggi.

2 dari 3 halaman

Menggunakan sabun khusus cuci mobil

Saat mencuci mobil, agar mendapatkan hasil yang maksimal harus menggunakan sabun khusus untuk mencuci mobil. Sabun ini efektif untuk membersihkan bagian luar mobil. Selain itu, penggunaan sabun khusus ini juga dapat menjaga cat mobil agar warnanya tidak cepat pudar.

Sabun khusus yang dapat bekerja secara maksimal membersihkan kuman, adalah sabun yang mempunyai PH rendah. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan kandungannya terlebih dahulu saat membeli sabun.

Bersihkan kabin dengan vacum cleaner

Membersihkan mobil yang benar adalah membersihkan bagian kabin mobil, bukan hanya membersihkan bagian luarnya. Kabin mobil merupakan tempat aktivitas pengendara sehingga patut, dijaga karena rentan untuk menjadi tempat menempelnya bakteri maupun virus.

Untuk membersihkan kabin mobil, perlu digunakan alat yang dapat masuk ke ruang yang sempit. Alat yang dapat digunakan adalah vacum cleaner. Vacuum cleaner ini lebih jelasnya digunakan untuk menyedot debu yang menempel dalam kabin mobil.

Menggunakan tisu disinfektan

Mengelap kabin mobil mulai dari kursi penumpang, setir, hingga bagian-bagian lain menggunakan disinfektan akan membuat mobil Anda semakin terjaga kebersihannya. Tisu disinfektan ini dapat digunakan setelah membersihkan debu di mobil menggunakan vacuum cleaner.

Menggunakan tisu disinfektan juga dapat untuk menghindari kerusakan bagian interior mobil yang bersifat elektronik, sehingga penggunaanya dianggap aman.

Lap cairan pembersih dengan cepat

Setelah menyemprotkan cairan pembersih ataupun sabun pembersih, sebaiknya pemilik mengelapnya dengan cepat. Hindari mengelap mobil dengan cara menunggu beberapa menit setelah menyemprotkan cairan atau sabun pembersih.

Membiarkan cairan pembersih terlalu lama akan menimbulkan efek negatif, yaitu memudarkan warna cat dalam mobil.

3 dari 3 halaman

Menggunakan dua ember

Kedua ember ini memiliki fungsi yang berbeda yaitu untuk air sabun dan air bilasan lap mobil. Tahap yang benar dalam pencucian agar mobil bersih adalah setelah menggunakan lap untuk membersihkan mobil, lap dicelupkan dahulu ke air bilasan, baru kemudian dicelupkan ke air sabun.

Mencuci dari bagian atas ke bawah

Agar semakin bersih, Anda harus membersihkan mobil dari arah atas ke bawah. Hindari mencuci dari arah yang tak tentu karena ini dapat membuat mobil tidak bersih ataupun ada noda yang masih tertinggal.

Mencuci kendaraan roda empat dari atas ke bawah akan membuat kotoran yang ada di mobil meluruh. Cara ini juga ampuh untuk membuat kotoran membandel yang biasanya terdapat di bagian bawah mobil menjadi lunak sehingga mudah untuk dibersihkan.

Keluarkan karpet mobil

Saat mencuci, Anda harus membersihkan karpet lantai yang di dalam mobil pula. Ini merupakan salah satu cara mencuci mobil yang benar karena karpet memiliki resiko besar sebagai tempat menempelnya kuman, virus, dan bakteri.

Cara untuk membersihkan karpet yang tepat adalah dengan menyemprotkan air mengalir setelah karpet di keluarkan. Lalu, bersihkan dengan sabun khusus mobil.

Untuk mematikan jamur di karpet, tambahkan soda kue pada air sabun. Setelah itu bilas dan jemur hingga kering.

Menggunakan lap khusus

Jangan gunakan sembarang kain, lap, atau bahkan jenis spons yang biasa digunakan untuk mencuci piring. Banyak lap yang didesain khusus untuk mencuci kendaraan dan sebaiknya Anda menggunakannya.

Fungsi lap yang didesain khusus untuk kendaraan akan membuat mobil lebih bersih. Selain itu, lap khusus ini juga untuk melindungi mobil kesayangan Anda agar catnya tidak tergores dan mengakibatkan penampilan mobil tidak menarik lagi.