Sukses

Ini Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Perlu mendapat perhatian khusus, pemilik mobil biasanya akan membawa kendaraan ke bengkel apabila mesin cepat memuai atau mengalami panas berlebih. Meski demikian, Anda sebaiknya bisa mencegah hal ini terjadi dengan memperhatikan beberapa penyebab.

Liputan6.com, Jakarta - Perlu mendapat perhatian khusus, pemilik mobil biasanya akan membawa kendaraan ke bengkel apabila mesin cepat memuai atau mengalami panas berlebih. Meski demikian, Anda sebaiknya bisa mencegah hal ini terjadi dengan memperhatikan beberapa penyebab.

Seperti dilansir Garda Oto, terdapat empat hal yang bisa membuat mesin cepat panas sebelum mobil mengalami overheat.

1. Kerusakan Pada Radiator

Mesin mobil yang cepat mengalami panas biasanya disebabkan rusaknya radiator. Seperti diketahui, fungsi radiator pada mobil ialah menjaga suhu mobil tetap stabil.

Saat radiator mengalami masalah, mesin mobil juga akan ikut bermasalah. Permasalahan yang bisa menjadi penyebab ialah bocornya selang radiator, penggunaan cairan radiator yang tidak tepat dan sirkulasi radiator tidak lancar.

Untuk mencegah mesin cepat panas, sebaiknya gunakan cairan khusus radiator seperti cooler dan jangan lupa untuk menggantinya setiap mobil mencapai 20.000 kilometer.

2. Tidak Berfungsinya Thermostat

Thermostat seharusnya bekerja sama dengan radiator dalam mengukur suhu mobil. Saat suhu rendah, thermostat mengatur agar air tidak meninggalkan radiator. Sedangkan saat suhu tinggi, thermostat memerintahkan agar air masuk ke dalam mesin.

Saat thermostat terganggu, maka tidak ada lagi yang mengatur masuk-keluarnya air dari radiator ke mesin. Dampaknya, mesin mobil menjadi cepat panas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Penggunaan Oli Tak Sesuai Standar

Oli dengan kualitas buruk, cenderung tak bisa menahan panas. Hal ini menjadi penyebab mesin mobil cepat mengalami panas. Karena itu, pemilik harus selalu waspada ketika menggunakan oli dengan harga murah.

4. Kipas Pendingin Tidak Berfungsi

Ketika mesin mobil cepat panas, Anda bisa memeriksa kipas pendingin pada kendaraan. Ketika kipas rusak, udara luar yang dingin tidak bisa memasuki mesin mobil, sehingga mesin akan lebih mudah panas.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kipas pendingin tidak berfungsi normal. Pertama, dinamo yang menggerakan kipas rusak atau pemasangan kipas terbalik, sehingga membuatnya menyedot udara panas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini