Sukses

Polisi : Pemudik yang Lolos Umumnya Lewat Jalan Tikus dan Arteri

Beragam modus dilakukan pemudik yang ingin pulang ke kampung selama larangan diberlakukan. Petugas kepolisian yang berjaga di pospam penyekatan menemukan modus baru untuk menghindari razia aparat kepolisian.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam modus dilakukan pemudik yang ingin pulang ke kampung selama larangan diberlakukan. Petugas kepolisian yang berjaga di pospam penyekatan menemukan modus baru untuk menghindari razia aparat kepolisian.

Modus baru yang telah ditemukan antara lain, bersembunyi di dalam truk molen dan bagasi mobil.

"Ada juga yang beberapa yang tidak disangka, ada yang masuk ke tempat molen, ada juga yang masuk bagasi dan sebagainya," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono, seperti dilansir Korlantas Polri.

Hingga saat ini, Argo mengaku masih menemukan warga yang nekat mudik dan menggunakan berbagai cara agar lolos dari penyekatan dan pemeriksaan petugas.

"Petugas di lapangan ada juga menemukan modus baru, namanya pemudik mau melakukan pelanggaran, gimana caranya, gimana upayanya bisa mengibuli atau memanipulasi sehingga petugas kepolisian atau petugas yang lain tidak melihat," jelas Argo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemudik Lewat Jalan Tikus

Argo tak menampik terdapat pemudik yang lolos dari pemeriksaan petugas di lapangan. Mereka yang lolos umumnya menempuh perjalanan via jalan arteri serta 'jalur tikus'.

"Jadi ada beberapa kecenderungan-kecenderungan ya, yaitu ada juga yang akhirnya lolos ke daerah mereka, baik itu melalui jalan arteri maupun jalan tikus. Juga ada beberapa kendaraan truk yang dimodifikasi untuk mengangkut orang," tandas Argo.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini