Sukses

Jangan Asal, Ini Cara Mudah Bersihkan Kabin Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Bakteri serta virus bisa saja masuk ke dalam kabin mobil bersamaan dengan masuknya pengendara ataupun penumpang. Karena itu, sebaiknya pemilik kendaraan untuk selalu membersihkan interior dengan baik dan benar.

Untuk membunuh bakteri, Anda bisa menggunakan cairan disinfektan. Namun dengan kondisi pandemi Corona Covid-19 seperti sekarang ini, disinfektan cukup sulit ditemukan. Kalaupun ada, harga lebih tinggi dari biasanya.

Dengan kondisi seperti ini, pemilik kendaraan mau tak mau mencari bahan lain untuk membersihkan kabin.

Untuk diketahui, cairan disinfektan dengan kandungan alkohol dan memiliki PH tinggi, ternyata berbahaya untuk lapisan interior yang terbuat dari kain, plastik, vinil, dan kulit. Karena itu, cairan disinfektan sangat tidak disarankan digunakan di seluruh bagian interior mobil.

Seperti dilansir Gardao Oto, cara terbaik untuk membersihkan komponen mobil yakni menggunakan cairan dengan PH aman, seperti sabun bayi.

Cara menggunakan sabun bayi untuk membersihkan interior mobil juga sangat mudah, yakni mencampur sabun dengan air hangat. Setelah itu, masukan cairan ke dalam botol semprot.

2 dari 2 halaman

Siapkan Kain Lap Lembut

Tak lupa siapkan lap dengan serat lembut seperti kain microfiber untuk membersihkan permukaan interior. Jangan mencampur terlalu banyak sabun, agar permukaaan yang dibersihkan tidak lengket.

Semprotkan cairan sabun dan usap area interior mobil yang sering disentuh seperti setir, knop AC, tuas transmisi, dasbor, tombol audio, hingga handle pintu.

Jika jok mobil berbahan kain sebaiknya tidak menyemprotkan cairan sabun terlalu banyak karena akan lebih sulit dikeringkan. Jangan lupa gunakan vacuum cleaner untuk menjangkau sela-sela kabin dan jok kain.