Sukses

5 Tips Agar Mobil Tetap Prima Meski Jarang Dipakai karena PSBB

Liputan6.com, Jakarta - Saat pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), mobil pastinya akan jarang digunakan oleh sang pemilik. Namun, bukan berarti kuda besi kesayangan tidak perlu dirawat, karena ketika hanya berada di garasi rumah saja, kendaraan juga berpotensi mengalami kerusakan.

Melihat kondisi tersebut, PT Mercedes Benz Distribution Indonesia (MBDI) memberikan lima tips merawat mobil kesayangan, agar tetap prima dan siap kembali digunakan saat PSBB resmi berakhir.

Pertama, perhatikan beberapa area di dalam kendaraan yang mungkin sering sentuh, seperti roda kemudi dan tombol-tombolnya, pegangan pintu eksterior, konsol tengah, touchpad, dan media display, pegangan pintu interior, tombol jendela, tombol pengaturan kursi.

Kemudian, jaga keamanan mobil, dengan mengecek kondisi kendaraan, dan pastikan juga roda empat Anda tetap bersih dan aman. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah, bahkan saat pemilik berada di rumah.

Pertama, nyalakan mesin setidaknya dua kali seminggu selama 10 menit. Hal ini bertujuan untuk mengisi ulang baterai.

Kedua, cuci mobil Anda secara teratur untuk menghilangkan debu dan menjaga kebersihannya.

 

2 dari 2 halaman

Pindahkan posisi mobil

Ketiga, pindahkan mobil dari posisi parkir setidaknya sekali seminggu untuk mencegah terjadinya flat spots pada ban mobil Anda.

Terakhir, buatlah sirkulasi udara dengan membuka kaca jendela Anda serta bersihkan interior mobil Anda dengan menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu atau kotoran yang berada di dalamnya secara berkala.