Sukses

Terpaksa Bepergian Naik Pesawat, Simak 11 Tips untuk Cegah Corona Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi virus Corona Covid-19 memaksa masyarakat dunia untuk beradaptasi. Salah satunya adalah melindungi diri sendiri dari virus berbahaya tersebut dengan berbagai cara.

Banyak orang mengambil langkah antisipasi untuk melindungi diri, seperti mengenakan masker ketika di luar rumah dan sering mencuci tangan dengan sabun maupun memakai hand sanitizer.

Jadi, sangat wajar jika Anda merasa khawatir bepergian ke luar negeri, bahkan di dalam negeri sendiri, di tengah merebaknya virus Corona penyebab COVID-19.

Kemudian saat berada di pesawat, Anda berpotensi bertemu banyak orang yang mungkin tidak diketahui secara pasti kondisi kesehatannya. Di masa pandemi virus Corona, Anda paling tidak harus menghindari orang yang batuk atau bersin, atau menerapkan physical distancing.

Ada beberapa tips untuk mencegah terinfeksi COVID-19 saat berada di pesawat.

Berikut 11 tips praktis mencegah virus Corona saat bepergian menggunakan pesawat yang dirangkum Bola.com dari Boldsky, .

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 5 halaman

11 Cara Mencegah Terinfeksi Virus Corona di Pesawat

1. Cuci Tangan

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat sangat merekomendasikan masyarakat untuk sering-sering mencuci tangan. Hal itu sangat berguna mengurangi jumlah kuman sampai batas tertentu.

Kemudian saat cuci tangan, jangan lupa memakai sabun. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan cairan pencuci tangan yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol.

2. Gunakan Pembersih Tangan

Saat berada di pesawat jangan lupa gunakan pembersih tangan. Terutama selepas dari toilet atau setelah menurunkan meja untuk makan.

CDC merekomendasikan untuk menggunakan pembersih tangan dengan kadar alkohol setidaknya 60 persen.

3. Pakai Masker

Mengenakan masker saat berada di pesawat akan membuat Anda terlindung dari kuman di udara. Terutama saat seseorang batuk atau bersin di samping Anda.

Tetesan sekecil apa pun bisa menginfeksi Anda. Dengan adanya masker, hidung dan mulut Anda akan terlindungi dari cipratan tubuh orang lain.

4. Pilih Kursi Dekat Jendela

Pilihlah tempat duduk di dekat jendela ketika Anda bepergian karena jika Anda berada di kursi lorong, Anda akan lebih mudah terinfeksi dari virus.

Duduk di lorong memungkinkan Anda bersentuhan dengan penumpang yang lewat.

3 dari 5 halaman

5. Jaga Tubuh dari Asupan Air

Setiap bepergian memakai pesawat, jangan lupa membawa sebotol air untuk menjaga diri Anda terhidrasi. Jika Anda kekurangan cairan, hal ini akan meningkatkan kemungkinan tertular infeksi virus atau bakteri.

Selain itu, kelembaban di pesawat juga turun 10 persen setelah lepas landas dan udara menjadi kering yang bisa menyebabkan pengeringan selaput lendir di hidung.

Di sisi lain, lendir bisa membantu mencegah kuman masuk ke tubuh.

6. Bawalah Bantal dan Selimut Sendiri

Beberapa maskapai menyediakan bantal dan selimut untuk para penumpang, yang kerap digunakan berulang kali. Anda tidak tahu apakah selimut dan bantal dicuci atau tidak.

Jadi, untuk menghindari jatuh sakit, bawalah bantal dan selimut Anda sendiri saat bepergian dengan pesawat.

7. Kontrol Aliran Udara

Ventilasi udara overhead hanya menghilangkan kuman sampai batas tertentu. Jika Anda duduk di samping orang yang sedang sakit, gunakan ventilasi udara di atas dengan pengaturan rendah.

Hal itu dilakukan untuk membuat aliran udara bisa menjauhkan kuman.

8. Hindari Menyentuh Hidung, Mata, dan Mulut

Kuman mudah menyebar ketika Anda menyentuh hidung, mata dan mulut dengan jari yang terkontaminasi virus atau bakteri. Jadi, jauhkan tangan Anda dari area wajah untuk mencegah infeksi. 

4 dari 5 halaman

9. Bawa Tetes Mata

Bawalah sebotol tetes mata karena bisa membantu meringankan mata yang kering dan gatal, sehingga membuat Anda cenderung untuk tidak mengucek mata dengan jari yang mungkin terkontaminasi.

10. Gunakan semprotan hidung

Jika Anda merasa hidung Anda mengering, gunakan semprotan hidung karena efektif mencegah infeksi. Jika selaput lendir di hidung Anda mengering, itu meningkatkan risiko infeksi.

11. Bawa Makan Sendiri

Saat bepergian menggunakan pesawat, bawa makanan Anda sendiri. Hal itu dilakukan untuk meminimalkan risiko infeksi dan jauh lebih sehat daripada makanan yang disajikan dalam pesawat.

Sumber: Boldsky

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: