Sukses

Bisa Dilakukan Sendiri, Begini Cara Cek Kondisi Mesin Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan perawatan berkala terutama pada sektor mesin perlu dilakukan pemilik mobil agar kendaraan bisa digunakan dalam kondisi maksimal. Pasalnya, jika kendaraan kesayangan telah rusak, maka biaya perawatan cukup besar harus dikeluarkan.

Bisa dilakukan dengan cara sederhana, merawat mesin mobil sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah, tanpa harus pergi ke bengkel.

Seperti dilansir Suzuki Indonesia, kondisi mobil yang prima akan memberikan performa baik serta konsumsi bahan bakar yang hemat. Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengecek kondisi mobil, adalah mengecek kondisi cairan dan pelumasan pada mobil.

Pengecekan ini bisa dengan cara memantau oli mesin lewat dipstick, atau melihat reservoir radiator dan minyak rem.

Jika tampak berkurang, berada di bawah indikator, cukup tambahkan saja dan tidak perlu diganti semuanya. Kenapa? Karena penggantian harus mengikuti jarak tempuh pemakaian.

Pemeriksaan selanjutnya, adalah memantau panel-panel indikator di sekitar speedometer. Kalau ada sesuatu yang bermasalah pada mobil biasanya akan ditandai dengan lampu indikator yang menyala.

2 dari 3 halaman

Dengarkan Suara Mesin

Selain memantau indikator di layar spidometer atau di sekitar dasbor, juga sebaiknya mendengarkan langsung suara mesin ketika dinyalakan.

Suara mesin yang masih halus menandakan mobil berada dalam keadaan yang baik, tapi jika ada suara-suara aneh yang muncul, atau cenderung menjadi lebih kasar, mungkin saja ada komponen mesin yang bermasalah.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Skutik Suka Gredek, Ini Penyebab dan Solusinya
Artikel Selanjutnya
Dianggap Tak Penting, Pabrikan Mobil Ini Dipaksa Setop Produksi karena Corona Covid-19