Sukses

Dampak Buruk Motor Injeksi Sering Kehabisan Bensin

Hampir semua produk kendaraan bermotor yang diniagakan saat ini sudah menggunakan sistem bahan bakar injeksi. Selain memiliki banyak keunggulan, perawatan motor injeksi juga lebih mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Hampir semua produk kendaraan bermotor yang diniagakan saat ini sudah menggunakan sistem bahan bakar injeksi. Selain memiliki banyak keunggulan, perawatan motor injeksi juga lebih mudah.

Motor dengan sistem injeksi diklaim lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan sistem karburator. Karena itu, pemilik kendaraan terkadang lupa mengisi motornya dan kehabisan bahan bakar di jalan.

Kebiasaan buruk ini sebaiknya dihindari, kerusakan pada sistem pengabutan injeksi bisa saja terjadi akibat motor sering kali kehabisan bensin di jalan.

Seperti dilansir Suzuki Indonesia, Rabu (19/2/2020), tangki bensin yang minim bahan bakar bisa merusak fuel pump sehingga indikator bensin tak lagi berfungsi dengan baik.

Jika indikator bensin mengalami kerusakan, maka kalibrasi ulang pada motor perlu dilakukan. Apabila kalibrasi tak bisa menolong, penggantian komponen terkait harus dilakukan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rutin Mengisi Bensin

Kerusakan indikator dapat membuat takaran bensin pada tangki dan indikator berbeda. Hal ini tentu menyulitkan pemilik kendaraan untuk mengetahui berapa banyak bahan bakar yang tersisa pada motor.

Karena itu, menjaga indikator bensin sebaiknya dilakukan. Segeralah isi bahan bakar saat indikator bensin digital sudah menyetuh dua bar.

Untuk menjaga kondisi motor injeksi tetap pada perfoma yang prima, servis rutin dibengkel resmi juga harus dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini