Sukses

Kunci-Kunci Ini Wajib Ada di Bagasi Sepeda Motor

Pemilik kendaraan wajib memiliki kunci-kunci atau perkakas khusus otomotif. Hal tersebut berlaku untuk sepeda motor dan mobil.

Liputan6.com, Jakarta Pemilik kendaraan wajib memiliki kunci-kunci atau perkakas khusus otomotif. Hal tersebut berlaku untuk sepeda motor dan mobil. Kunci-kunci tersebut dibutuhkan pemilik kendaraan untuk membuka dan mengencangkan baut, atau hal-hal lain yang sifatnya mekanis.

Untuk sepeda motor ada beberapa tools kit yang wajib tersedia agar jika terjadi masalah dapat segera memperbaikinya, tanpa harus ke bengkel.

Menurut Suhendi Marketing Brand Manager PT Altama Surya Anugerah Distributor resmi Tekiro, Rexco dan Ryu, setidaknya ada beberapa perkakas yang wajib dimiliki dan perlu tersedia di bagasi motor.

Tools kit tersebut mencakup obeng, tang, kunci L, kunci pas dengan ukuran 10, 12, 14, 17, dan 21, pisau lipat multi guna, serta kunci busi.

"Ini sangat berguna jika terjadi masalah atau dalam kondisi darurat di jalan. Perkakas yang komplet akan sangat membantu. Jika bagasinya kecil, bisa memakai tools kit multifungsi," katanya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Tergiur Harga Murah

Jika sudah memiliki tools kits lengkap untuk keperluan motor, jangan lupa untuk merawatnya. Iklim tropis dan lembab di Indonesia dapat mengundang korosi. Karena itu perkakas harus sering-sering disemprot cairan anti karat.

"Habis dipakai jangan langsung disimpan dalam boks. Sebaiknya semprot dulu pakai cairan atau pelumas anti karat. Setelah itu bisa dimasukkan ke dalam boks. Ini berguna agar tools kit terlindung dari kondisi lembab," tukasnya.

Ia menyarankan agar memilih bahan tools kit yang baik, sehingga tidak mudah slek atau aus akibat sering digunakan membuka dan mengencangkan baut dan sebagainya. Jangan tergiur harga murah, salah-salah malah tidak bisa membuka baut jika dalam kondisi dibutuhkan akibat slek.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini