Sukses

Percepat Pengiriman, Suzuki XL7 Diproduksi Lebih Awal

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membidik pangsa pasar 20 persen di segmen medium SUV Tanah Air melalui produk barunya Suzuki XL7.

Liputan6.com, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membidik pangsa pasar 20 persen di segmen medium SUV Tanah Air melalui produk barunya Suzuki XL7. Masih satu platform dengan Suzuki Ertiga, apakah penyebaran penjualannya sama dengan saudaranya tersebut?

"Penyebaran segmen XL7 ini hampir sama dengan LMPV (Ertiga). Kalau bicara Jabodetabek, kira-kira 30 persen. Sisanya di luar Jabodetabek," terang Marketing Director 4W PT SIS Donny Saputra.

Pria berkacamata itu menyebutkan, Suzuki XL7 diproduksi secara lokal di dalam negeri, tepatnya di pabrik Cikarang, Jawa Barat. Dengan diproduksinya Suzuki XL7 di dalam negeri, proses pengiriman unit ke konsumen diharapkan bisa lebih cepat.

"Kebetulan kami sudah mulai produksi XL7 sejak Desember 2019 dengan VIN 2020 dan sekarang sudah masuk Februari, kami harap dari sabang sampai merauke unitnya sudah ada di dealer-dealer jadi kalau ada konsumen yang mau beli sudah bisa cepat dikirim. Pendistribusian ke dealernya sudah dilakukan sejak awal Januari 2020," ujar Donny.

Dirinya menyebutkan, untuk produksi awal XL7, tipe menengah dan tinggi mendominasi. Hal tersebut dilakukan karena permintaan pasar di awal kemunculan produk baru, tipe tengah dan tinggi yang paling dicari.

"Komposisi produksi tipe tengah dan atas 40 persen, tipe bawah 20 persen. Biasanya enam bulan pertama kebanyakan carinya grade paling tinggi," jelasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diekspor

Tidak hanya fokus ada pasar domestik, Suzuki XL7 juga akan diekspor ke sejumlah negara. Hal tersebut diungkapkan langsung Marketing Director 4W PT SIS Donny Saputra.

"Rencananya kami tidak akan jual di domestik saja. Di tahun ini target ekspor (XL7) ada di 29 negara. Sampai akhir 2020, target quantity ekspor 12,600 unit. Kami ekspor dengan status CBU (completely build up)," jelas Donny.

Sementara untuk pasar domestik, Suzuki membidik pangsa pasar 20 persen dari total penjualan segmen medium SUV yang mencapai 10 unit per bulan.

"Untuk target lokal market share 20 persen atau quantity 2.000 unit per bulan," ujarnya.

Angka tersebut berada di bawah Ertiga yang rata-rata penjualan per bulannya mencapai 2.500-3.000 unit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.