Sukses

Cara Mudah Menyetel Rem Motor Berteknologi CBS

Sepeda motor Honda keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan sistem pengereman combi brake system (CBS). Pemilik Honda Vario 125 PGM-FI CBS dan Honda BeAT PGM-FI CBS pasti familiar dengan teknologi ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor Honda keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan sistem pengereman combi brake system (CBS). Pemilik Honda Vario 125 PGM-FI CBS dan Honda BeAT PGM-FI CBS pasti familiar dengan teknologi ini.

Sebagai teknologi baru dan penampakan yang terlihat rumit membuat banyak pemilik sepeda motor CBS ini takut jika harus menyetelnya sendiri. Padahal jika tahu triknya, cara menyetel rem CBS ini bisa dilakukan sendiri di rumah.

Dikutip dari Federal Oil, kamu bisa mengatur toleransi pengereman melalui baut setelan di rem depan atau belakang. Baut ini bisa diputar agar rem belakang bergerak lebih maju dan membuat rem makin pakem. Untuk torsi, baut dikencangkan sekitar 6,4 Nm.

Untuk penyetelan tuas rem belakang, kamu cukup memutar baut setelan yang ada di rem tromol. Perlu diketahui, semakin ke dalam rem akan lebih pakem.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jarak Main Rem

Jarak main atau toleransi tuas rem sekitar 10-20 mm. Itu diukur dari keadaan bebas hingga tuas ditarik untuk pengereman.

Satu lagi, kamu juga harus mengetahui batas penggantian cakram depan. Standarnya, cakram memiliki ketebalan 3,3-3,7 mm. Jika ketebalannya sudah 3,0 mm. sebaiknya dilakukan penggantian.

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.