Sukses

Cara Mudah Bikin Mika Speedometer Kusam Jadi Kinclong Lagi

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai kendaraan yang digunakan untuk menunjang aktifitas sehari-hari, motor pastinya sering terpapar sinar  matahari bahkan kehujanan. Alhasil bodi motor rentan terlihat kusam.

Selain bodi, bagian lain yang rentan terlihat kusam hingga retak-retak ialah mika panel meter. Timbulnya retak-retak tipis akibat paparan sinar matahari tentu mengganggu pandangan pengendara saat hendak melihat informasi pada panel meter.

Meski pemilik kendaraan bisa dengan mudah mengganti dengan yang baru, ada trik 'kuno' yang bisa dicoba pemilik kendaraan tanpa harus mengeluarkan uang ekstra.

Seperti dilansir Federal Oil, Senin (27/1/2020), pemilik kendaraan bisa 'melumasi' permukaan mika panel meter dengan oli. Tak perlu banyak syarat, pemilik bisa menggunakan oli apa saja.

Hanya saja, oli yang digunakan bukan pelumas bekas pakai. Langkah pertama yang harus dilakukan ialah meneteskan oli pada permukaan speedometer secukupnya.

Setelah itu balurkan secara merata ke seluruh permukaan mika Jika kondisi retak-retak sangat parah, maka oleskan oli secara merata. Diamkan selama 3-5 menit agar oli meresap ke permukaan yang retak, setelah itu lap hingga kering.

2 dari 2 halaman

Akan Terlihat Lebih Bening

Saat sudah selesai, terlihat mika speedometer lebih bening dari sebelumnya. Meski demkian, cara ini hanya bertahan sementara, setelah motor terkena sinar matahari beberapa kali maka retak-retak pada mika akan terlihat kembali.

Untuk mendapatkan hasil lebih maksimal, pemilik kendaraan bisa mengulangi langkah tersebut atau melakukannya dengan rutin. Meski tak akan kembali seperti baru, kaca mika dapat lebih bening.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Ampuh Mencegah Microsleep Saat Berkendara
Artikel Selanjutnya
Ini Efek dari Modifikasi Ban Motor